“Si Madu” dan Jenis Buah Nanas yang Paling Enak

- Selasa, 23 Februari 2021 | 11:59 WIB
Buah nanas.
Buah nanas.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Berbicara tentang buah nanas, banyak orang selalu mengaitkan dengan nanas “Si Madu” dari Subang. Pak Ade salah satu petani nanas Kota Subang menjelaskan, "Nanas Madu itu buah nanas yang tidak ada bibitnya. Semua bibit nanas sama dan tidak ada yang spesifik."

Kata Pak Ade, banyak orang yang datang ke Kota Subang hanya untuk mencari bibit nanas “Si Madu”. Nanas yang ada di kota Subang bibitnya berjenis nanas Verietas Smooth Cayenne.

Banyak sekali para pedagang yang menjajakkan buah nanasnya dengan menyebut “si Madu”. Padahal buah itu adalah nanas biasa.

Dikatakannya, jika benar buah itu buah nanas “si Madu”, para penjual biasanya menyembunyikannya karena nanas “si Madu” merupakan buah nanas yang langka dan bisa dipastikan harganya lebih mahal ketimbang buah nanas biasa.

Dari segi fisik, tak mudah menentukan mana nanas “si Madu” dan mana nanas biasa. Tapi Pak Ade menjelaskan beberapa cara agar kita mampu mengenalinya. Salah satunya, yaitu dengan kita melihat kulitnya.

Buah nanas si Madu bisanya memiliki kulit yang memilki semacam lendir berwarna putih. Warna kulitnya pun cenderung hijau tidak berwarna kuning terang. Dan jika kita pukul buahnya akan menimbulkan suara seperti halnya kita menyentil telapak tangan kita. Dan jika suaranya terasa lebih berdengung dapat dikatakan itu bukanlah buah nanas “si Madu”.

Jenis Nanas

Mantan peneliti di Lab. Teknologi Pasca Panen, Balai Penelitian Hortikultura Lembang, Herbagijandono, menyebut nanas-nanas di Indonesia digolongkan ke dalam dua kelompok utama berdasarkan duri daun: berduri dan tidak berduri.

Nanas yang daunnya tidak berduri termasuk varietas Cayenne. Sedangkan Queen dan Spanish mewakili kelompok nanas dengan daun berduri.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

X