Kicimpring, Makanan Khas Bandung Populer Lewat Preman Pensiun

- Minggu, 7 Februari 2021 | 10:02 WIB
Kicimpring Family.
Kicimpring Family.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Dalam sinetron Preman Pensiun, setelah pensiun meninggalkan dunia preman, Kang Mus bantir setir mencoba bisnis kicimpring. Bisnis kicimpringnya masih dilakukan secara tradisional, yakni dititipkan ke warung-warung atau ke pasar-pasar.

Kisah kicimpring di dalam cerita Kang Mus itu ternyata mampu mengangkat nama makanan khas Bandung tersebut. Padahal sebelumnya kicimpring hanya dikenal sebagai makanan kampung yang tidak jauh berbeda dengan opak dan ranginang.

Apa itu kicimpring?

Kicimpring adalah makanan ringan seperti kerupuk yang berbentuk bulat. Kicimpring dibuat dari singkong dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Sunda.

Camilan ini juga sering disebut sebagai kerupuk singkong. Rasanya campuran antara gurih, asin, manis, dan ada juga yang pedas.

Tidak hanya di Bandung, Kicimpring juga diproduksi di beberapa tempat di Jawa Barat seperti di Sumedang, Purwakarta, Bogor, dan lainnya. Biasanya tiap-tiap daerah memiliki rasa khasnya masing-masing.

Di Bandung, pusat produksi kicimpring ada di Kampung Babakan Bandung, Desa Pager Wangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Di sini hampir satu kampung semuanya memproduksi kicimpring.

Kicimpring asli dibuat dari singkong yang yang telah melalui proses beberapa tahap. Singkong diparut, kemudian diberi bumbu yang terdiri dari bawang putih, daun bawang, penyedap rasa garam, dan ketumbar. 

Singkong kemudian dikukus lalu di jemur di bawah matahari terik. Setelah kering, baru digoreng.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

10 Makanan Khas Bandung yang Cocok Disantap Saat Hujan

Kamis, 11 November 2021 | 11:50 WIB

10 Rekomendasi Kuliner Malam Bandung, Dijamin Enak!

Minggu, 7 November 2021 | 07:00 WIB

Mille Crepe, Dessert Khas Jepang yang Menggoda Selera

Sabtu, 6 November 2021 | 14:31 WIB

Jangan Simpan Bawang di Kulkas, Ini Alasannya!

Senin, 1 November 2021 | 22:46 WIB

Yuk ke Trouit, Kafe ala Pantai di Sudut Kota Bandung

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 08:00 WIB

3 Resep Kreasi Tahu Susu Lembang, Mudah dan Nikmat

Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:41 WIB
X