Menjajal Kuah Otentik Ramen Khas Jepang di Rameninpo

- Senin, 12 Oktober 2020 | 18:02 WIB
Menu di Rameninpo.
Menu di Rameninpo.

KOSAMBI, AYOBANDUNG.COM -- Bosan dengan rasa ramen yang kuahnya itu-itu saja? Kini Rameninpo hadir memanjakan pencinta kuliner di Bandung dengan rasa otentik khas Jepang.

Founder Rameninpo, Galih Ramadhika mengungkapkan menu di Rameninpo mengusung tiga jurus kuah otentik khas Negeri Matahari Terbit, yakni Paitan, Niku, dan Tomyum.

Galih sengaja memilih nama Rameninpo lantaran tiga kuah ini menjadi ninpo alias jurus kedai ramennya. Galih pun menjelaskan rasa dari setiap kuah yang dihidangkan di kedai Rameninpo.

"Tiga kuah ini jadi jurus kita. Tiga menu utama Niku, Paitan, Tomyum. Waktu itu, aku pengin bikin kedai ramen karena kebanyakan kedai yang kuah signature. Aku pengin ngenalin kuah ramen otentik dari Jepang tapi dengan harga yang bisa bersaing di kalangan menengah," kata Galih saat ditemui di kedainya, Senin (12/10/2020).

Untuk varian kuah Paitan, Galih mengatakan, gurihnya kaldu ayam yang kental dan berwarna putih membuat kuah Paitan begitu mewah dalam setiap suapannya. 

Bagaimana tidak? Paitan ini adalah kuah signature original yang terbuat dari kolagen ayam yaitu ceker dan sayap ayam dan dimasak selama 8 jam. Bisa terbayang kan bagaimana kelezatan dan gurihnya kaldu ayam dalam semangkuk kuah ramen Paitan ini.

"Untuk kuah Paitan ini kita mengikuti Hakata style sama Tokyo style. Paitan artinya kuah putih dari kolagen ayam. Bikinnya 8 jam untuk menghasilkan kuah ini, kolagennya ini bisa kita dapatin dari ceker ayam sama sayap ayam," kata Galih.

Sementara itu, untuk membuat kuah niku, Galih sengaja mencampur kuah niku dan soyu. Untuk kuah Niku ala Rameninpo, Galih melakukan penyesuaian dengan lidah orang Indonesia untuk menciptakan rasa manis dan gurih.

"Kuah Niku ini aslinya di Jepang agak anyir karena dari kaldu ikan makarel. Tapi kita pakai ikan cakalang yang kita asapkan sampai kayak ikan kayu, itu disebutnya Katsuobushi. Dari Katsuobushi ini dibikinlah kuah ini. Dari kuah dashi campuran Katsuobushi dari soyu. Rasanya dibikin gurih, manis aslinya dibikin asin banget," ungkap Galih.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

5 Menu Sahur yang Simple dan Enak, Anti Ribet

Selasa, 12 April 2022 | 08:38 WIB
X