Inovasi Baru, Budi Daya Stroberi di Peti Kemas

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:55 WIB
Ilustrasi budidaya stroberi menggunakan peti kemas yang bisa dilakukan sebagai salah satu inovasi menanam stroberi.
Ilustrasi budidaya stroberi menggunakan peti kemas yang bisa dilakukan sebagai salah satu inovasi menanam stroberi.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM Budi daya stoberi dengan memanfaatkan kotak kargo bekas merupakan salah satu inovasi yang dikembangkan oleh perusahaan rintisan asal Prancis, Agricool.

Sistem budi daya stroberi unik ini lazim ditemui di lahan pinggir kota.

Mengutip buku yang ditulis Trubus berjudul Budidaya Stroberi di Peti Kemas, alasan masyarakat Prancis terus membudidayakan stroberi adalah karena hasilnya yang melimpah meski ditanam di lahan sempit. "

Peti kemas atau biasa juga disebut dengan cooltainer berukuran 33 meter persegi mampu menghasilkan hingga 7 ton buah stroberi.

Padahal, untuk menghasilkan 7 ton stroberi, dibutuhkan area kebun seluas 4.000 meter persegi. Itu berarti hampir 120 kali lipat lebih besar dari luas lahan yang digunakan untuk sebuah peti kemas. Petani dapat menghasilkan jumlah yang sama walau hanya menggunakan sedikit lahan.

Inovasi ini dapat menjadi solusi yang baik untuk kota-kota di dunia yang mengalami masalah kepadatan penduduk. Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak, dirasa perlu mencoba memanfaatkan lahan-lahan sempit untuk lebih produktif.

“Musababnya Prancis kehilangan 26 meter persegi lahan setiap detik. Itu dibarengi dengan meningkatnya jumlah penduduk,” terang Athur Cochin, Brand Builder Agricool, ketika mengungkapkan alasan mengapa budi daya stroberi dengan memanfaatkan peti kemas menjadi hal yang penting di Perancis.

Selain mampu memanfaatkan peti kemas tidak terpakai, budidaya stroberi juga dapat dilakukan sepanjang tahun. Kelebihan lainnya dalam budidaya stroberi menggunakan cooltainer adalah mampu membuka peluang usaha bagi masyarakat perkotaan.

Agricool menggunakan sistem aeroponik dalam membudidayakan stroberinya dengan alasan penggunaan air dan nutrisi yang lebih optimal. Aeroponik adalah cara bercocok tanam di udara, tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Gabus, dari Rawa Jadi Ikan Hias Jutaan Rupiah

Selasa, 21 September 2021 | 16:34 WIB

FESTRA 2021: Menjaga Kebudayaan Indonesia

Selasa, 7 September 2021 | 10:24 WIB

Inovasi Baru, Budi Daya Stroberi di Peti Kemas

Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:55 WIB
X