Love Bird si Burung Nyentrik, Begini Tips Merawatnya di Rumah

- Senin, 2 Agustus 2021 | 16:50 WIB
Ilustrasi burung love bird yang bisa menjadi hewan peliharaan sekaligus teman di rumah.
Ilustrasi burung love bird yang bisa menjadi hewan peliharaan sekaligus teman di rumah.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM  Burung cantik dan mungil asal Afrika, love bird selalu berhasil memikat hati setiap orang, terutama para pecinta burung. Warnanya yang indah dan suaranya yang merdu menjadi ciri khas burung ini.

Love bird bagi para pecintanya melambangkan kerukunan dalam berpasangan. Burung mungil ini sangat lincah dan membuat pemiliknya dapat menenangkan pikiran sambil memandangi burung simbol cinta ini.

Sesuai dengan namanya, burung love bird memang dikenal dengan kesetiaannya dengan pasangan. Hal ini karena jika sepasang burung love bird di tempatkan di satu kandang dan salah satu pasangannya mati, maka pasangan lainnya akan patah hati dan ikut mati.

Merawat burung jenis love bird di rumah tidak sulit namun perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut tips merawat burung love bird di rumah.

1.  Memilih dan menyiapkan sangkar

Memilih sangkar burung love bird, menurut blabla dalam bukunya blabla menyarankan bagi para pecinta love bird untuk memilih sangkar berbahan besi. Hal ini dikarenakan paruh love bird yang melengkung dan runcing kerap merusak sangkar. Bentuk sangkar persegi juga lebih direkomendasikan daripada sangkar yang berbentuk lingkaran.

Peletakkan sangkar love bird juga perlu diperhatikan agar burung terhindar dari stres, sakit, hingga mati. Penempatan kandang yang ideal perlu memperhatikan beberapa hal, seperti tingkat kelembapan ruangan, keramaian ruangan, pencahayaan, kebersihan kandang, hingga posisi ketinggian kandang.

2.  Memilih makanan

Makanan yang baik dapat menjaga love bird selalu sehat, aktif, dan tidak mudah terserang penyakit. Burung cantik ini pada dasarnya merupakan jenis buruh herbivora yang memakan biji-bijian dan sayuran. Namun, love bird juga membutuhkan asupan protein hewani seperti jangkrik kecil dan cacing. Makanan yang sehat dapat membuat daya tahan tubuh love bird baik dan berumur panjang.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Gabus, dari Rawa Jadi Ikan Hias Jutaan Rupiah

Selasa, 21 September 2021 | 16:34 WIB

FESTRA 2021: Menjaga Kebudayaan Indonesia

Selasa, 7 September 2021 | 10:24 WIB

Inovasi Baru, Budi Daya Stroberi di Peti Kemas

Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:55 WIB

7 Hama Tanaman Hias Aglonema dan Cara Mengatasinya

Minggu, 1 Agustus 2021 | 19:10 WIB
X