Ini 4 Ciri Ikan Cupang Sedang Sakit

- Selasa, 27 Juli 2021 | 14:39 WIB
Pembeli memilih ikan cupang disalah satu kios Pasar Leuwipanjang, Kota Bandung.
Pembeli memilih ikan cupang disalah satu kios Pasar Leuwipanjang, Kota Bandung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak faktor yang menyebabkan ikan cupang sakit. Dengan mengenali ciri-ciri ikan cupang sakit, kita bisa melakukan langkah tepat mengobatinya.

Ikan cupang menjadi salah satu hewan peliharaan favorit  karena warnanya yang menarik, mudah dirawat, dan daya tahannya yang kuat. Meskipun dinilai memiliki daya tahan yang baik, namun ikan cupang ternyata tak luput dari sakit.

Suara.com menyadur dari Nippyfish.net melaporkan, mengenali dengan cermat sakit yang dialami ikan cupang akan memudahkan proses penyembuhan ikan hias ini. Bintik putih kecil seperti gula bisa menjadi tanda parasit Ich.

Sedangkan tubuh yang bengkak dan sisik menonjol bisa menjadi sinyal ikan cupang sedang mengidap dropsy. Di samping itu, sirip yang mencair bisa menunjukkan ikan mengalami busuk sirip.

Lalu bagaimana jika ikan cupang yang sedang sakit tidak mengalami gejala-gejala yang terlihat? Berikut ulasan 4 tanda ikan cupang mengalami sakit.

1. Warna Tubuh Hilang atau Memudar

Gejala pertama yang menunjukkan ikan cupang sakit adalah kehilangan warna tubuh ikan. Secara umum, warna tubuh ikan hias ini mulai memudar atau tampak kusam. Penyebabnya bisa karena beberapa hal, mulai dari buruknya kualitas air hingga infeksi bakteri atau parasit internal.

Ikan yang sedang sakit akan mengubah warna tubuhnya menjadi lebih redup atau mulai berubah menjadi warna cokelat berlumpur atau abu-abu. Jika tubuh ikan cupang jadi kusam atau abu-abu, mungkin ikan cupang menderita infeksi bakteri atau jamur eksternal.

Kehilangan warna tubuh ikan cupang yang cepat dapat menunjukkan tanda penyakit atau gambaran bahwa kualitas air tidak mencukupi.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

FESTRA 2021: Menjaga Kebudayaan Indonesia

Selasa, 7 September 2021 | 10:24 WIB

Inovasi Baru, Budi Daya Stroberi di Peti Kemas

Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:55 WIB

7 Hama Tanaman Hias Aglonema dan Cara Mengatasinya

Minggu, 1 Agustus 2021 | 19:10 WIB

5 Komunitas Unik yang Hanya Ada di Bandung Raya

Minggu, 1 Agustus 2021 | 12:00 WIB
X