5 Tips untuk Mulai Rawat Ikan Hias di Rumah

- Jumat, 23 Juli 2021 | 20:50 WIB
Sejak pandemi yang mengakibatkan sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu di rumah, tren memelihara ikan kembali naik di masyarakat.
Sejak pandemi yang mengakibatkan sebagian besar orang menghabiskan banyak waktu di rumah, tren memelihara ikan kembali naik di masyarakat.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat oleh pemerintah membuat masyarakat banyak menghabiskan waktunya di rumah.

Sejak di rumah, banyak tren dan hobi-hobi bermunculan, seperti merawat tanaman hias hingga memelihara ikan hias.

Meski terlihat mudah, nyatanya untuk memelihara ikan hias di rumah perlu memiliki beberapa pengetahuan dasar yang perlu diketahui. Hal ini dilakukan untuk menghindari kegagalan dalam ketika hendak mulai ikut memelihara ikan hias di rumah.

Berikut rangkuman lima tips yang perlu diperhatikan saat akan mulai memelihara ikan hias di rumah.

1.  Mengenal dan Memilih Jenis Ikan Hias

Sebelum membeli ikan hias untuk dibawa pulang ke rumah, hendaknya untuk mengetahui karakteristik dari jenis ikan hias yang dibeli. Hal ini sangat penting karena beberapa jenis ikan hias memiliki karakteristik khas dan perlakuan yang berbeda. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai beberapa jenis ikan hias.

Memilih ikan hias sebaiknya disesuaikan dengan tujuan awal pemilik untuk memelihara ikan hias. Misalnya tujuan awalnya adalah sebagai interior yang mempercantik rumah, maka bisa pilih ikan yang memiliki corak dan warna yang menarik.

Perhatikan juga keindahan sudut pandang ikan hias yang diinginkan. Terdapat dua jenis sudut pandang keindahan ikan hias, yaitu ikan hias side-view (ikan yang indah dipandangi dari samping, seperti ikan arwana) dan top-view (ikan yang indah dipandangi dari atas, seperti ikan koi).

2.  Mulai dari Ikan Kecil dan Murah Dulu

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Gabus, dari Rawa Jadi Ikan Hias Jutaan Rupiah

Selasa, 21 September 2021 | 16:34 WIB

FESTRA 2021: Menjaga Kebudayaan Indonesia

Selasa, 7 September 2021 | 10:24 WIB

Inovasi Baru, Budi Daya Stroberi di Peti Kemas

Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:55 WIB
X