Fakta Menarik dan Tips Merawat Aglaonema agar Tumbuh Subur

- Jumat, 23 Juli 2021 | 17:50 WIB
Ilustrasi tanaman aglaonema.
Ilustrasi tanaman aglaonema.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Bagi pecinta tanaman hias, tanaman aglaonema wajib masuk ke dalam daftar koleksi. Bagaimana tidak, tanaman yang satu ini memiliki banyak jenis dengan model dan warna daun yang warna-warni.

Mengutip dari Epic Gardening, aglaonema berasal dari negara China dan Filipina. Aglaonema pun kerap disebut sebagai Chinese Evergreen.

Dari sekian jenis aglaonema (12-14 jenis), aglaonema silver queen merupakan yang paling populer saat ini. Selain itu, di Indonesia sendiri aglaonema Sumatera memiliki pamor yang cukup tinggi bagi para peminat tanaman hias.

Untuk membuat aglaonema memiliki daun yang indah dan sehat, Ayobandung.com telah merangkum tips merawat aglaonema dari buku berjudul Paduan Praktis Perawatan Aglaonema oleh Kurniawan Junaedhie. Berikut di antaranya:

1.       Intensitas  Sinar Matahari

Habitat asli dari tanaman aglaonema adalah di wilayah hutan tropis Asia. Oleh karena itu, untuk di Indonesia sendiri yang memiliki bentuk wilayah dataran tinggi dan dataran rendah, maka terdapat dua perlakuan khusus juga.

Untuk di wilayah dataran tinggi, biasanya para petani aglaonema menggunakan jaring atau shading net 75% untuk mengatur cahaya yang masuk. Melalui cara tersebut, maka cahaya matarahari yang masuk hanya sekitar 25%. Berbeda dengan wilayah dataran tinggi, untuk wilayah dataran rendah, maka bisa digunakan shading net 85%.

2.       Volume Air

Dalam menentukan porsi air untuk penyiraman, aglaonema merupakan salah satu tanaman yang tak tentu harus disiram berapa kali sehari. Pasalnya, aglaonema bukan termasuk tanaman yang harus sering disiram dan bukan juga tanaman yang bisa dibiarkan tidak lama disiram. Oleh karena itu, dalam menentukan waktu siram maka bisa dicek terlebih dahulu tingkat kelembaban dari media tanam.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Gabus, dari Rawa Jadi Ikan Hias Jutaan Rupiah

Selasa, 21 September 2021 | 16:34 WIB

FESTRA 2021: Menjaga Kebudayaan Indonesia

Selasa, 7 September 2021 | 10:24 WIB

Inovasi Baru, Budi Daya Stroberi di Peti Kemas

Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:55 WIB

7 Hama Tanaman Hias Aglonema dan Cara Mengatasinya

Minggu, 1 Agustus 2021 | 19:10 WIB

5 Komunitas Unik yang Hanya Ada di Bandung Raya

Minggu, 1 Agustus 2021 | 12:00 WIB
X