Cara Merawat Bonsai Beringin Agar Awet dan Tumbuh Subur

- Kamis, 1 Juli 2021 | 15:56 WIB
Cara Merawat Bonsai Beringin Agar Awet dan Tumbuh Subur
Cara Merawat Bonsai Beringin Agar Awet dan Tumbuh Subur

Lengkong, AyoBandung.com - Pohon Bonsai Beringin merupakan salah satu tanaman hias dengan daya tarik yang menawan. Tidak jarang, banyak pemburu tanaman hias sengaja berburu tanaman hias ini untuk ditanam dirumah atau pekarangan. Namun dibalik daya tariknya, perawatan bonsai beringin ini tidak main-main. Agak berbeda dengan tanaman hias pada umumnya, pohon bonsai beringin membutuhkan perhatian dan waktu lebih dalam perawatannya.

Lalu bagaimana cara merawat serta menjaga Pohon Bonsai Beringin agar tetap subur ?

Memilih Bibit Bonsai Beringin Terbaik

  1. Yang perlu kamu lakukan pertama jika ingin menanam Bonsai Beringin adalah memilih bibit terbaik. Salah satunya adalah bibit bonsai yang tidak memiliki ranting terlalu banyak, supaya tanaman bonsai dapat tumbuh kuat. 
  2. Setelah kamu memilih dan mendapatkan bibit pohon bonsai beringin langkah selanjutnya adalah membersihkan sela-sela batang pohon menggunakan kuas halus. Tujuan dari pembersihan ini adalah untuk memisahkan kotoran dari bonggol pohon yang telah diambil bibitnya. Lalu kemudian pangkas akar bonggol tadi secukupnya.
  3. Langkah ketiga adalah menyiapkan pot yang baik dan cukup untuk memindahkan bibit yang akarnya telah dipangkas dari bonggol bonsai tadi.
  4. Setelah itu tambahkan tanah, humus serta kerikil (jangan terlalu menutupi permukaan) agar akar bibit pohon tertutupi rapi dan pot lebih padat serta terlihat lebih cantik.

Cara Membentuk Ranting Bonsai Beringin Agar Lebih Cantik

  1. Untuk merawat dan membentuk rantai bonsai beringin langkah pertama adalah jangan lupa untuk menggunakan disinfektan sebagai alat merendam perkakas untuk memotong bonsai. Ini dilakukan untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada alat/perkakas yang akan digunakan untuk memotong bonsai. Setidaknya rendam selama satu menit untuk perlindungan penuh pada bonsai yang akan dipotong.
  2. Langkah selanjutnya adalah kamu bisa mulai membentuk ranting bonsai beringin menggunakan kawat ringan. Lilitkan kawat pada ranting dan dahan pohon sesuai keinginan tapi selalu berhati-hati agar jangan sampai merusak kulit luar pohon bonsai beringin.

Cara Perawatan Bonsai Beringin Agar Awet dan Subur

  1. Selalu gunakan semprotan air dan semprot pohon secara lembut ke seluruh bagian. Begitu juga tanahnya, semprot secukupnya tapi jangan terlalu basah. Pohon Bonsai Beringin tidak perlu terlalu sering disiram dan disemprot dengan air, karena bisa membuat pohon menjadi layu dan malah cepat mati. 
  2. Sebisa mungkin untuk menghindari paparan sinar matahari langsung ketika baru ditanam.
  3. Jaga suhu area pohon dalam kondisi hangat. Pastikan tidak lebih dari 30 derajat celcius karena akan membuat batang pohon kering.
  4. Selalu potong bagian pohon yang tidak diinginkan dengan gunting pemangkasan secara hati-hati. Potong sedekat mungkin dengan kulit kayu. Pastikan anda berhati-hati agar tidak melukai cabang pohon, karena luka yang salah tidak pernah bisa hilang.
  5. Setelah beberapa waktu, kamu harus melepas kawat penyangga yang membentuk pohon Bonsai Beringin yang pernah dibuat saat pertama menanam secara perlahan satu persatu.

Itulah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk membuat pohon Bonsai Beringin awet, tahan lama, serta tumbuh subur.

Editor: Handy Dannu Wijaya

Tags

Terkini

X