Tips dan Cara Menanam Stroberi di Rumah: Cepat Berbuah dan Manis

- Selasa, 29 Juni 2021 | 09:10 WIB
Ilustrasi tanaman stawberry atau stroberi.
Ilustrasi tanaman stawberry atau stroberi.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Bagi masyarakat yang ingin mencicipi stroberi, namun masih ragu bertandang ke kawasan agrowisata petik strawberry, maka bisa mencoba membeli bibit dan membesarkannya sendiri.

Sama halnya dengan tanaman hias, merawat dan mengembangbiakkan strawberry bisa dikatakan mudah untuk dilakukan di rumah.

Diki,  salah seorang petani strawberry yang memiliki lahan dan kios di kawasan Jalan Kolonel Masturi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengatakan bahwa membesarkan tanaman strawberry terbilang gampang-gampang susah. 

Meski begitu, saat sudah berhasil tumbuh, strawberry bisa menghasilkan buah dalam jangka waktu yang lumayan cepat.

 “Paling kalau lagi bagus seminggu sekali, atau dua minggu sekali, pertumbuhannya juga cepat, paling satu bulan atau satu bulan setengah udah berbuah,” ujar Diki kepada Ayobandung.com, pada Senin, 28 Juni 2021.

Berikut beberapa tips merawat strawberry bagi pemula dari Diki:

1.      Rutin menyiram dan memupuk strawberry. Untuk pemupukkan dilakukan seminggu sekali menggunakan pupuk NPK dan menyemprotnya dengan air agar terbebas dari hama.

2.      Tanaman strawberry harus ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari namun tidak terkena air hujan, karena jika terlalu banyak kandungan air maka tanaman strawberry bisa saja busuk. Selain itu, kualitas cahaya matahari pun bisa mempengaruhi rasa manis dari stawberry.

3.      Media tanaman yang digunakan terdiri dari campuran sekam bakar dan pupuk kandang.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

X