6 Tanaman Hias Ruangan untuk Bantu Tidur Nyenyak

- Minggu, 4 April 2021 | 10:45 WIB
Warga memilih tanaman hias yang dijual di pinggir Jalan Raya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (3/10/2020).
Warga memilih tanaman hias yang dijual di pinggir Jalan Raya Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (3/10/2020).

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Tidak hanya musik relaksasi dan aroma therapy yang bisa membantu tidur lebih nyenyak. Mempercantik kamar tidur dengan jenis tanaman tertentu juga akan sangat membantu seseorang memiliki tidur berkualitas.

Tanaman bisa menjernihkan udara dengan menyerap racun di kamar. Manfaat ini telah dibuktikan oleh ilmuwan dari NASA yang meneliti bahwa tanaman tertentu meminimalisasi kandungan beracun seperti formaldehyde, ammonia, xylene, dan benzene.

Fungsi lain merawat tanaman di kamar adalah menciptakan lingkungan tidur yang lebih tenang, belum lagi sifat alaminya menyimpan karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Berikut enam tanaman yang bisa membantu tidur lebih nyenyak, dikutip dari laman Hunker.

1. Sansevieria

Spesies asal daerah panas di Afrika, Asia, dan Eropa ini dikenal juga dengan nama tanaman ular atau lidah mertua. Bentuk daunnya meliuk seperti ular, panjang serta meruncing di bagian atas. Sansevieria sangat bisa diandalkan untuk pembersih udara.

Tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan khusus. Cukup disiram sesekali dan akan baik-baik saja jika dibiarkan di ruangan dengan cahaya redup. Jangan menyirami tanaman ini secara berlebihan, namun pastikan tanahnya mudah menyalurkan air.

2. Peace Lily

Peace lily (Spathiphyllium) efektif menyaring racun di udara, selain mampu menambah kelembapan udara, serta mampu menekan spora jamur dan mikroba udara penyebab alergi. Dengan memiliki peace lily di kamar, tak akan lagi terbangun di malam hari karena batuk.

Bagi yang ingin merawat tanaman ini di rumah, tempatkan di lokasi dengan sedikit cahaya. Peace lily menyukai suhu yang stabil dan hangat, jadi jauhkan dari angin dingin. Sirami sekali sepekan atau 10 hari sekali sudah cukup.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

X