4 Cara Lindungi Buah Hati dari Penculikan Anak

- Jumat, 29 Januari 2021 | 22:59 WIB
Tas anak dengan teknologi GPS dari 3Secondkids.
Tas anak dengan teknologi GPS dari 3Secondkids.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Orangtua mesti waspada karena kini penculikan anak marak terjadi. Karena itu, perlu upaya antisipasi agar buah hati tetap terlindungi tanpa mengganggu aktivitasnya.

1. Berikan pengertian dan pengetahuan kepada anak

Sebagai orangtua hal utama yang wajib dilakukan adalah banyak mengobrol dan berinteraksi dengan buah hati, terutama bagi seorang ibu. Karena pengetahuan si kecil mengenai lingkungan luar paling utama dan efektif didapatkan dari orangtuanya secara langsung. Sambil bercengkrama santai, berikan pengertian dan pengetahuan mengenai cara menjaga diri sendiri kepada si kecil. Berikan informasi mengenai hal apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, siapa yang harus didengarkan dan harus dijauhi bila tengah berada di luar rumah, seperti sekolah, taman bermain, dan sebagainya. Berikan pula pengetahuan mengenai bagian-bagian tubuh mana yang sifatnya private dan tidak boleh disentuh atau diperlihatkan kepada oranglain.

2. Membiasakan buah hati untuk selalu izin dan terbuka dalam hal apapun

Dengan rutin mengobrol, bercengkrama, serta memberikan pengertian kepada sang buah hati akan mendorong mereka untuk lebih terbuka dalam segala hal yang ingin mereka lakukan atau apa yang tengah mereka rasakan. Ajari si kecil untuk selalu meminta izin dan memberitahu kepada ayah dan bunda dalam setiap aktivitas yang ia lakukan, seperti saat hendak menerima sesuatu dari oranglain, terutama saat hendak bermain bersama teman-temannya. Sehingga buah hati kita tak akan mudah tergiur dengan iming-iming cemilan atau mainan yang ditawarkan oleh orang asing, karena ia memiliki insting untuk selalu meminta izin kepada ayah atau bunda  sebelum menerima sesuatu.

3. Memberitahu tempat yang harus didatangi jika butuh pertolongan

Bukan hanya penculikan atau kriminalitas terhadap anak yang harus diwaspadai, tetapi juga kelalaian dari orangtua dalam mengawasi si kecil ketika berada di tempat umum, salah satunya di pusat perbelanjaan. Seringkali orangtua terpisah dari sang anak saat tengah berbelanja. Maka penting bagi orangtua untuk memberikan informasi mengenai tempat-tempat yang dapat ia datangi bila membutuhkan pertolongan, seperti pos satpam, pusat informasi, hingga kantor polisi. Berikan pula pengetahuan mengenai sosok orang yang berperan penting di kehidupan sosial, seperti polisi, dokter, satpam, dan lainnya.

4. Gunakan alat pelacak

Di era yang serba canggih ini mulai bermunculan GPS atau alat pelacak yang dapat digunakan dalam berbagai hal, salah satunya untuk menjaga keselatan sang buah hati.

Terlalu riskan bagi orangtua bila memberikan alat komunikasi kepada  anak yang masih sangat belia. Hal itu malah akan mengundang pelaku kejahatan untuk beraksi. Bunda dan ayah dapat memilih alat GPS sebagai langkah awal memberikan perlindungan bagi si kecil. Tapi bagaimana caranya agar si kecil mau membawa GPS ya?

Head of Promotion 3Second Ridwan Kamaludin mengatakan Brand 3Secondkids baru saja meluncurkan koleksi tas anak terbaru dengan teknologi GPS didalamnya. "Dengan design yang menarik dan pilihan warna yang beragam tentunya akan disukai oleh buah hati untuk bersekolah, atau membawa keperluan ketika hendak berpergian," ujarnya, Jumat (29/1/2021).

Dapatkan koleksi GPS Backpack dari 3Secondkids ini di 3Second Family Store terdekat di kotamu, dengan harga spesial hanya Rp279.000 dari harga asli Rp479.000, sebagai langkah awal lindungi sang buah hati.

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Film Dokumenter Nganteuran: Resep Perempuan Jampang

Selasa, 14 Maret 2023 | 14:00 WIB
X