KPSGI: Wadah Berkumpulnya Pecinta Hewan Sugar Glider

- Minggu, 5 Februari 2017 | 12:23 WIB
Sugar glider. Ist
Sugar glider. Ist

 

BANDUNG,AYOBANDUNG.COM -- KPSGI adalah singkatan dari Komunitas Pecinta Sugar Glider Indonesia. Komunitas yang drrdiri sejak maret 2011 dibentuk sebagai wadah berkumpulnya pecinta sugar glider di Indonesia khususnya di Bandung.

"Komunitas ini tempat ngumpul,sharing dan juga sosialisasi soal sugar glider ke masyarakat," ungkap penggiat KPSGI, Nurul Arsita pada Minggu (5/1/2017)

Menurut Nurul, hewan yang beratnya bisa mencapai tiga ons ini adalah jenis hewan marsupial  (berkantung) dan nokturnal (aktif di malam hari) yang berasal dari Papua.

"Ini hewan asli Indonesia, asalnya dari Papua," ujar Nurul.

Ditambahkan oleh Nurul untuk memelihara sugar glider dibutuhkan ketelatenan yang tinggi.

"Kita harus punya waktu khusus memelihara sugar glider, harus sering dielus-elus, rajin-rajin dimandikan dan dipotong kukunya," ungkap Nurul. 

Untuk makanannya sendiri, Nurul menerangkan hewan yang bisa melayang ini dapat dipelihara dengan diberikan bubur bayai, buah-buahan manis dan sejumlah serangga seperti ulat Hongkong,Kecoa Madagaskar dan jangkrik.

Terakhir, Nurul menerangkan bagi pencinta hewan ini baik yang sudah memelihara ataupun belum, mereka dapat bergabung atau mendapatkan informasi tentang sugar glider sekaligus komunitas ini dengan mengikuti akun instagram @kpsgibandung ataupun facebook KPSGI.(Arditya Pramono)

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

X