Guru SMK di Jabar Dilatih Buat Animasi Upin-Ipin dan Transformers

- Rabu, 27 Januari 2016 | 14:35 WIB
PELATIHAN : Salah satu guru sedang mengikuti pelatihan Autodesk di SMKN 4 Bandung, Rabu (27/1/2016). (yatti/AyoBandung.com)
PELATIHAN : Salah satu guru sedang mengikuti pelatihan Autodesk di SMKN 4 Bandung, Rabu (27/1/2016). (yatti/AyoBandung.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.com - Pasti pada tahu film animasi Upin-Ipin atau Transformers, ternyata selain memerlukan spesial efek khusus, ternyata untuk membuat beberapa gerakan di film itu memerlukan waktu yang cukup lama, bahkan tahunan lho.

Untuk mempelajari efek-efek animasi seperti di film Transformers atau Upin-Ipin itu, memang diperlukan keahlian khusus, sayangnya karena di Indonesia sarana dan prasarana serta bujetingnya kurang, membuat program animasi ini masih jarang dipelajari termasuk di Sekolah Menengah Kejuruan.

" Dasarnya ilmunya mungkin ada, namun untuk implementasi atau juga program pengerjaan memang masih jarang dipelajari sekolah. Apalagi dengan menggunakan teknologi terbaru yang biasa di gunakan para animator dunia industri, " terang Marketing Autodesk Authorized Academic Partner Wilie Winaldo, di SMKN 4 Bandung, Rabu (27/1/2016).

Oleh karenannya, pihaknya menggelar pelatihan untuk guru SMK di Jabar khususnya yang memiliki jurusan khusus komputer untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Autodesk Authorized Academic Partner bekerjasama dengan Disdik Jabar.

Workshop Pelatihan yang digelar yakni untuk program 3D Daskmask, kendaraan ringan, komputer jaringan, multimedia dan animasi yang di gelar di SMKN 4 Bandung Jalan Kliningan, Rabu (27/1/2016) tersebut diikuti 30 SMK di Jabar dengan peserta sekitar 100 guru.

" Ini sebagai upaya untuk memperkenalkan kepada guru di SMK jika ada suatu program teknologi autodesk. Suatu Software yang bisa digunakan dalam berbagai pengerjaan teknologi animasi saat ini bukan hanya film namun juga di dunia industri, " tuturnya.

Wilie mengatakan, memang saat ini banyak guru yang belum mengetahui terhadap teknologi komputer tersebut. " Namun secara dasar mereka sudah tahu dan hanya tinggal kami kenalkan ke software yang lainnya saja untuk nanti bisa diajarkan kepada siswanya, " tuturnya.

Bahkan menurutnya animasi dunia seperti film Transformers atau film kartun animasi Upin-Ipin salah satu yang mempergunakan software ini. "Didunia industri dalam merancang suatu bangunan atau kedaraan juga menggunakan software ini, " akunya.

Sementara itu, Kepsek SMKN 4 Bandung Edi Purwanto mengatakan jika peningkatan kompetensi guru itu bisa didapatkan dari mana saja, "Termasuk dari pelatihan yang diselenggarakan industri seperti ini, sehingga guru bisa memberikan pengajaran materi yang lebih luas khususnya materi yang nantinya bisa mempersiapkan siswa ke kebutuhan dunia industri saat ini, " tuturnya. (yatti)

Halaman:

Editor: Yatti Chahyati

Tags

Terkini

X