Tokoh di Animasi Upin-Ipin Datuk Jamali Shadat Wafat

- Kamis, 4 Februari 2021 | 09:57 WIB
Ucapan duka untuk Datuk Jamali Shadat di akun Instagram animasi Upin & Ipin.
Ucapan duka untuk Datuk Jamali Shadat di akun Instagram animasi Upin & Ipin.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Komedian populer Malaysia era 80-an, Datuk Jamali Shadat, dilaporkan meninggal dunia, Rabu (3/2/2021) pagi kemarin. Cucu Jamali, Isyraq Ariff Zalull Ariff (31), membenarkan kabar tersebut.

"Dokter sudah mengonfirmasi bahwa Kakek sudah tiada," ujarnya, seperti dilaporkan Malay Mail.

Jamali wafat di usia 78 tahun. Kondisinya sudah memburuk sejak akhir tahun lalu. Ia dikabarkan sudah sulit berjalan dan kehilangan selera makan.

Isyraq mengatakan, kondisi Jamali menurun setelah ia kehilangan istrinya, Lela Yacob, pada 2018 lalu. Lela meninggal dunia akibat strok setelah sempat dirawat di rumah sakit selama sebulan.

Sebelumnya, Jamali juga pernah terserang strok dan dirawat oleh istrinya sampai kembali sehat. Kemudian saat istrinya sakit, Jamali setia berada di sisinya dan merawatnya.

"Nenek saya mendirikan rumah di Pulau Indah, Klang dan berencana tinggal di sana bersama kakek. Saat rumahnya sudah jadi, nenek meninggal dan hanya jenazahnya yang dibawa ke sana," jelasnya.

Isyraq mengatakan, Jamali sangat merasa kehilangan karena hidupnya selama ini sangat bergantung kepada istrinya.

Jamali lahir di Bukit Kapar, Klang. Ia dan Lela memiliki 8 anak dan 39 cucu.

Pada 1980-an, komendian legendaris itu dikenal bisa menirukan beragam suara karakter dari berbagai latar belakang ras. Ia dikenal dengan karakter 'Atan' dan Kakeknya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

X