Donald Trump Ogah Hadiri Pelantikan Joe Biden

- Kamis, 21 Januari 2021 | 06:05 WIB
Donald Trump.
Donald Trump.

AYOBANDUNG.COM--Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris sudah resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden usai diambil sumpah mereka.

Sebelum diambil sumpah, Donald Trump terlebih dahulu meninggalkan Gedung Putih dan menolak untuk mengikuti kebiasaan untuk menghadiri acara pelantikan.

Acara pelantikan telah dimulai dan Joe Biden disumpah sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat pada Rabu (20/01) sebelum tengah hari waktu setempat (atau tengah malam WIB).

Wakilnya Kamala Harris, perempuan pertama yang menjabat posisi ini, juga akan sumpahnya.

Setelah diambil sumpah, Biden akan pindah ke Gedung Putih, kediamannya untuk empat tahun ke depan.

Donald Trump memutuskan tidak menghadiri upacara pelantikan ini. Ia tercatat sebagai presiden keempat yang menolak menghadiri pelantikan penerusnya dalam sejarah AS.

Dalam laporan BBC, di antara mantan presiden yang hadir adalah Barack Obama, Bill Clinton dan George W Bush. Biden menjabat sebagai wapres selama delapan tahun di bawah Obama.

Wakil Presiden Mike Pence juga menghadiri acara pelantikan, dan sebaliknya tidak menghadiri acara perpisahan Trump di pangkalan militer Andrews Air Base di luar ibu kota.

Para asisten Biden mengatakan ia akan menyampaikan pidato pelantikan selama sekitar 30 menit berisi seruan optimistik untuk menjaga persatuan nasional sesudah masa jabatan Trump diwarnai pergolakan.

Halaman:

Editor: A. Dadan Muhanda

Tags

Terkini

X