Trump Sarankan Tes Kasus Covid-19 Dihentikan

- Selasa, 16 Juni 2020 | 13:40 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

WASHINGTON, AYOBANDUNG.COM -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali membuat ulah kontroversial soal Covid-19. Kali ini, dia  menyarankan untuk menghentikan tes virus Corona.

Dilansir dari Huffpost, pernyataan itu disampaian oleh Donald Trump dalam sebuah rapat meja bundar bertema "Berjuang untuk Amerika", Senin (15/6/2020).

"Jika kami berhenti menguji sekarang, kami memiliki sangat sedikit kasus, jika ada," kata Trump.

Tidak melakukan tes memang akan mengurangi jumlah kasus karena minimnya deteksi. Tetapi, tanpa pengujian pun jumlah kasus dari orang yang sakit tidak akan berkurang sama sekali.

Sayangnya, Wakil Presiden AS Mike Pence juga mendukung argumen Trump yang dianggap hanya sebuah taktik tanpa bukti ilmiah.

Padahal Organisasi Kesehatan Dunia sudah menekankan betapa pentingnya tes Covid-19 untuk pengendalian wabah.

Melansir dari The Guardian, WHO menyatakan pengujian adalah dasar dari pekerjaan detektif kesehatan masyarakat untuk menghentikan pandemi. 

"Anda tidak dapat melawan virus jika Anda tidak tahu di mana virus itu," kata direktur jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, baru-baru ini.

"Temukan, pisahkan, uji, dan rawat setiap kasus untuk memutus rantai penularan. Setiap kasus yang kami temukan dan obati membatasi perkembangan penyakit," tambahnya.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Fakta Baru Ed Sheeran, Jadi Artis Terkaya di Inggris

Kamis, 4 November 2021 | 07:29 WIB
X