Kopi Sumedang Dipasarkan Dubes RI di Afrika

- Selasa, 30 Juli 2019 | 15:42 WIB
Ilustrasi. (Ayobandung)
Ilustrasi. (Ayobandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Duta Besar RI untuk href="https://www.ayobandung.com/tag/-Afrika"> Afrika Selatan Salman Al Farisi ikut memasarkan dan menjual kopi Sumedang pada Pameran Kopi dan Cokelat href="https://www.ayobandung.com/tag/-Afrika"> Afrika 2019 (Coffee and Chocolate Africa 2019) di Ticket Dome Pro, Johannesburg, Afrika Selatan pada 26-28 Juli 2019.

"Pecinta kopi sejati sudah pasti tahu reputasi kopi Indonesia, seperti Kopi Gayo atau Kopi Toraja. Untuk terus memperluas penetrasi pasar makanan dan minuman di href="https://www.ayobandung.com/tag/-Afrika"> Afrika Selatan, kami sengaja memperkenalkan href="https://www.ayobandung.com/tag/Kopi-Sumedang">Kopi Sumedang yang tidak kalah rasa dan aromanya," kata Dubes Salman, dalam keterangan tertulis dari KBRI Pretoria yang diterima di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Menurut Salman, dengan mengikuti pameran tersebut, KBRI Pretoria berupaya mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk terus memperkuat merek kopi nasional di pasar href="https://www.ayobandung.com/tag/-Afrika"> Afrika.

KBRI Pretoria bekerja sama dengan PT Pupuk Kujang mendatangkan Kopi Geulis, yakni UMKM dari Kota Sumedang, untuk mengikuti salah satu pameran kopi dan cokelat terbesar di dunia yang sudah ketujuh kalinya diselenggarakan di Johannesburg, Afrika Selatan.

AYO BACA : Berkenalan dengan Warung Kopi Tertua di Bandung

Pameran itu setiap tahunnya berhasil menarik sekitar 30.000 pengunjung dan diikuti oleh lebih dari 230 peserta yang berasal dari industri perhotelan, pembuat kopi, produsen barang, dan restoran.

Untuk itu, KBRI Pretoria memanfaatkan kesempatan itu sebagai ajang untuk memaksimalkan perkenalan href="https://www.ayobandung.com/tag/Kopi-Sumedang">Kopi Sumedang ke pasar internasional.

Kopi Arabika Sumedang hingga saat ini masih kalah pamor dari kopi lainnya, seperti Kopi Gayo Aceh dan Kopi Toraja, padahal Kabupaten Sumedang adalah salah satu dari empat sentra penghasil kopi arabika di Jawa Barat sejak perkebunan kopi didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda.

Pemerintah kota Sumedang pun berusaha memajukan industri kopi dengan membuka jurusan kopi di salah satu sekolah kejuruan di daerahnya, sekolah pertama dan percontohan di Indonesia.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Fakta Baru Ed Sheeran, Jadi Artis Terkaya di Inggris

Kamis, 4 November 2021 | 07:29 WIB
X