Lindungi Diri dari Polusi Udara dengan Vitamin B

- Senin, 24 Juni 2019 | 10:37 WIB
Industri di Tangshan, Tiongkok. (USAToday)
Industri di Tangshan, Tiongkok. (USAToday)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- vitamin B membantu dalam memproses energi yang Anda dapatkan dari pemecahan makanan. Namun yang mengejutkan, mengonsumsi suplemen vitamin B dapat memberikan perlindungan dari efek mematikan polusi udara terhadap kesehatan.  Ini menjadi hal penting dalam mengurangi dampak polusi udara.

Menurut hasil studi oleh WHO diperkirakan bahwa lebih dari 90 persen populasi dunia tinggal dikawasan yang tingkat kualitas udaranya di bawah standar.  Ditemukan tingkat tertinggi pada PM2.5 yang merupakan partikel sangat halus dan merupakan polutan udara yang paling menonjol. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan paru-paru dan jantung.

Kerusakan

Polusi udara menyebabkan kerusakan pada tingkat genetik, dengan demikian, pengaruhnya terhadap kesehatan seumur hidup dapat menghancurkan para korban.

Tetapi masih ada sebuah harapan bagi Anda semua. Sebuah studi baru menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B dapat menawarkan perlindungan terhadap dampak buruk dari polusi udara.

Para peneliti di Universitas Columbia menemukan bahwa vitamin B, seperti asam folat dan vitamin B6 dan B12 memainkan peran penting dalam mengurangi kerusakan genetik yang disebabkan oleh polusi udara pada epigenome - senyawa yang memberi tahu gen apa yang harus dilakukan.  Gangguan pada epigenom dapat menyebabkan penyakit neurologis dan kanker.  Polusi udara juga menyebabkan kerusakan dengan mengubah gen vital dalam sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membuatnya semakin lemah.

Percobaan

Sebuah tim kecil yang terdiri dari 10 orang telah berpartisipasi dalam penelitian ini.  Mereka berusia antara 18-60 tahun.  Para peserta diharuskan menjadi perokok sehat yang tidak minum obat atau vitamin.

Para relawan pada awalnya diberikan plasebo dan terpapar pada lingkungan yang sehat untuk memeriksa respons dasar mereka. Kemudian mereka dibiarkan terpapar polusi berat, udara yang mengandung PM2.5 tingkat tinggi.  Bersamaan dengan itu, para sukarelawan diberi suplemen teratur 1 mg vitamin B12, 2,5 mg asam folat dan 50 mg vitamin B6.

Hasil

Para ilmuwan menemukan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin B mengurangi kerusakan sistem kekebalan di sekitar 10 lokasi vital gen dalam kisaran 28 hingga 76 persen.  Kerusakan yang disebabkan oleh katup mitokondria oleh PM2.5 juga berkurang.  Hal yang disebabkan oleh epigenom dan DNA mitokondria terbalik secara signifikan.  Ini juga meningkatkan prospek untuk memperluas penelitian ini ke racun lain dan penyakit lingkungan.

Halaman:

Editor: Andres Fatubun

Tags

Terkini

Fakta Baru Ed Sheeran, Jadi Artis Terkaya di Inggris

Kamis, 4 November 2021 | 07:29 WIB
X