Apa Anime Klasik yang Disukai di Indonesia?

- Selasa, 5 Desember 2017 | 15:34 WIB
Mobile Suit Gundam Wing. (screenrant.com)
Mobile Suit Gundam Wing. (screenrant.com)

AYOBANDUNG.COM – Anime telah mengambil alih dunia. Lahir di awal 1990-an dan telah berkembang. Ada ratusan seri dan film anime yang hadir di muka Bumi ini. Beberapa diantaranya begitu populer, sebut saja cerita tentang Pikachu, si kelinci berwarna kuning yang menggemaskan, dalam serial anime Pokemon.

Di awal berkembangnya, kita pernah mengenai serial anime Sailor Moon yang dirilis di barat pada tahun 1995, lalu menyusul Dragon Ball Z pada tahun 1996. Lantas di tahun 1998, popularitas Pokemon, membikin anime beralih dari karya seni menjadi sebuah fenomena dalam kurun waktu tak kurang dari satu dekade.

Meski judul-judul anime kian bertambah, tapi barangkali anime klasik yang hadir di kurun waktu 1990an tetap dicintai oleh sebagian besar para pencinta anime.

Nah, apakah kau tahu, sebenarnya anime klasik apa yang paling disukai di Indonesia?

Cable TV merilis sebuah peta infografis yang berisi soal film-film anime apa yang menjadi favorit di berbagai negara di dunia. Penelitian ini dilakukan dengan memantau data yang dimiliki Google Trends untuk kemudian menentukan negara-negara mana saja yang menyukai anime-anime klasik tersebut. Di mana kemungkinan besar, penggemar anime di sebuah negara akan cenderung mengetik keyword tentang judul anime tersebut dalam penelusuran mereka.

Penggemar anime di Indonesia, bersama dengan Filipina dan Chili, rupanya menjadikan Mobile Suit Gundam Wing sebagai yang favorit.

Mobile Suit Gundam Wing merupakah salah satu anime Jepang yang hadir di tahun 1995 yang disutradarai oleh Masashi Ikeda. Plotnya berpusat pada momen perang yang akan terjadi di masa depan – sekitar tahun 2220-an – antara Bumi dan luar angkasa. Bagaimana penggemar anime di Indonesia, benarkah ini jadi salah satu anime klasik favoritmu?

Sementara di Amerika Serikat, para pencinta anime cenderung menyukai judul-judul anime yang populer seperti Dragon Ball Z. Sementara di Rusia, para pencinta anime rupanya senang menelusuri soal judul anime yang dirilis pada tahun 1998, Trigun. Dan terakhir, di Jepang, negaranya sendiri, Neon Genesis Evangelion adalah yang paling dicari.

Halaman:

Editor: Asri Wuni Wulandari

Tags

Terkini

Fakta Baru Ed Sheeran, Jadi Artis Terkaya di Inggris

Kamis, 4 November 2021 | 07:29 WIB
X