Curug Tilu Bandung Barat, Air Terjun Tersembunyi di Kaki Gunung Burangrang

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 17:43 WIB
Curug Tilu hanyalah salah satu dari sekian banyak keindahan alam yang ada di Kabupaten Bandung Barat (KBB), di kaki Gunung Burangrang. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)
Curug Tilu hanyalah salah satu dari sekian banyak keindahan alam yang ada di Kabupaten Bandung Barat (KBB), di kaki Gunung Burangrang. (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM — Curug Tilu hanyalah salah satu dari sekian banyak keindahan alam yang ada di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Air Terjun ini ada di balik kaki Gunung Burangrang.

Ya, sudah bukan rahasia lagi, KBB memang memiliki segudang potensi wisata. Mulai dari wisata edukasi, wisata alam, hingga wisata buatan. 

Banyak di antara tempat wisata di Bandung Barat belum dikembangkan dan jarang dijamah pelancong. Padahal tempat-tempat wisata tersebut memiliki keindahan dan daya tarik luar biasa jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. 

Salah satu tempat wisata di KBB yang memiliki keindahan alam dan belum digali secara maksimal adalah Curug Tilu di Desa Cipada, Kecamatan Cikalong Wetan. 

Tepatnya berada di bawah kaki Gunung Burangrang bagian selatan, menjadikan udara di area Curug Tilu sejuk. Pemandangan perkebunan kopi, lekukan Gunung Burang, angin sepoi-sepoi, air terjun yang segar, serta aneka suara burung seperti jadi obat penat hiruk-pikuk kota. 

Sebutan Curug Tilu diberikan warga lantaran ada tiga tumpukan batu yang berjajar secara berurutan di area air terjun.

Sebelumnya, warga mengenal air terjun ini dengan sebutan Curug Ece. Agar mudah diingat namanya diubah jadi Curug Tilu. 

"Sebutan Curug Tilu ini juga memungkinkan agar mudah diingat masyarakat karena sebutan awalnya Curug Ece," kata Ketua Pokdarwis Desa Cipada, Sugondo saat ditemui beberapa waktu lalu. 

Pria akrab disapa Wa Gondo itu menjelaskan, di kawasan Curug Tilu ada kopi khas Burangrang Selatan yang bisa diminati masyarakat dan wisatawan yang berkunjung.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Hotel Seru untuk Staycation di Bandung

Minggu, 10 Oktober 2021 | 05:30 WIB

5 Cara Produktif Kerja setelah Liburan

Minggu, 3 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Bukit Anti Galau, Pesona Baru Wisata Kota Cirebon

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 13:36 WIB
X