Lotek Macan, Cita Rasa Lotek Legendaris di Bandung yang Wajib Kamu Santap

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 15:40 WIB
Seporsi Lotek Macan. Lotek macan bukan hanya menjual kelezatan. Pada hidangan lotek di Jalan Macan itu juga tersaji, sejarah, nostalgia, dan identitas. (AyoBandung.com/Eneng Reni)
Seporsi Lotek Macan. Lotek macan bukan hanya menjual kelezatan. Pada hidangan lotek di Jalan Macan itu juga tersaji, sejarah, nostalgia, dan identitas. (AyoBandung.com/Eneng Reni)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Lotek macan bukan hanya menjual kelezatan. Pada hidangan lotek di Jalan Macan itu juga tersaji, sejarah, nostalgia, dan identitas warga Bandung yang menyegarkan.

Menurutmu apa yang paling membuat kangen ketika disebutkan nama Kota Bandung? Lokasi wisata alamnya yang indah? Seabrek tempat belanja? atau wisata kulinernya? Pasti jawabannya bermacam-macam kan... 

Namun demikian, dipastikan hampir semua orang khususnya pelancong akan ketagihan dengan kuliner yang menjadi ciri khas Bandung dengan sajian ala Sundanya yang kental. 

Salah satunya yang paling menggoyang lidah adalah lotek

Lotek atau bahasa kerennya Indonesian Salad ini menjadi ciri dan identitas kota Bandung. Sajian satu porsi lotek biasanya terdiri dari sayuran yang telah direbus atau mentah dicampur dengan bumbu kacang yang terdiri dari kacang tanah, kencur, bawang putih, perasan jeruk limau, dan cabe yang diulek menjadi satu. 

Buat yang penasaran bagaimana rasa si salad ala Indonesia ini, boleh datang ke Jalan Macan No.1, Burangrang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, di mana terdapat warung lotek yang sudah masyhur bagi para wargi.

Kok Macan? Apa hubungannya dengan si kucing besar bertaring itu? Tenang, sebenarnya tak ada hubungannya sama sekali dengan binatang buas tersebut kok. Dinamakan Lotek Macan karena kuliner tradisional ini berkaitan dengan nama lokasinya yang tepat menghadap ke Jalan Macan, sehingga untuk memudahkan saat diingat, sang empunya menamai warung ini dengan warung Lotek Macan.

Pada dasarnya Lotek Macan ini sama dengan lotek pada umumnya. Sajiannya satu porsi lotek ini terdiri dari berbagai macam jenis sayuran seperti kol, tauge, kangkung, sawi, dan kacang panjang. 

Namun yang membuatnya berbeda, Lotek macan ini memiliki cita rasa yang khas yakni terletak di bumbu atau saus kacangnya yang konon menghipnotis banyak orang sehingga merasa ketagihan dan ingin lagi dan lagi untuk mencicipi. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Resep Kreasi Tahu Susu Lembang, Mudah dan Nikmat

Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:41 WIB

Resep dan Cara Membuat Kulit Lumpia Basah atau Kering

Senin, 11 Oktober 2021 | 11:22 WIB

6 Tempat Nongkrong Instagramable di Bandung

Minggu, 10 Oktober 2021 | 10:00 WIB

5 Bakso Enak di Bandung, Cocok untuk Makan Siang

Kamis, 23 September 2021 | 11:20 WIB

5 Rekomendasi Jajanan Khas Bandung yang Wajib Kamu Coba

Minggu, 19 September 2021 | 16:27 WIB

Rekomendasi 15 Kuliner Enak dan Populer di Bandung

Sabtu, 18 September 2021 | 11:09 WIB

Cara Membuat Somay, Resep Siomay Tanpa Ikan untuk Dijual

Selasa, 14 September 2021 | 12:18 WIB
X