Kenali Penyebab Asam Urat hingga Obat Alami ala Rumahan

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 14:33 WIB
ilustrasi nyeri asam urat; Asam urat bisa muncul dari bermacam-macam penyebab, mulai dari konsumsi makanan atau minuman tinggi purin hingga masalah kesehatan tertentu. (Batamxinwen.com)
ilustrasi nyeri asam urat; Asam urat bisa muncul dari bermacam-macam penyebab, mulai dari konsumsi makanan atau minuman tinggi purin hingga masalah kesehatan tertentu. (Batamxinwen.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- asam urat bisa muncul dari bermacam-macam penyebab, mulai dari konsumsi makanan atau minuman tinggi purin hingga masalah kesehatan tertentu. Agar tidak mengalami penyakit asam urat, penting bagi Anda untuk mengenali dan menjauhi penyebabnya.

Penyakit asam urat terjadi ketika kadar mineral asam urat yang terlalu tinggi di dalam tubuh mengendap dan mengkristal. Kristal asam urat yang tajam dapat menyerang persendian, sehingga bagian tersebut terasa nyeri, bengkak, dan tampak kemerahan dari luar.

Baca Juga: Kontak Erat Penderita Covid-19? Satgas Sarankan Hal Ini Sebelum Tes

Selain itu, kadar asam urat yang terlalu tinggi di dalam tubuh juga bisa menyebabkan terbentuknya batu asam urat di ginjal dan saluran kemih.

Inilah Berbagai Penyebab Asam Urat
Penyakit asam urat bisa menyerang siapa saja, namun sebagian besar penderitanya adalah orang dewasa. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab asam urat, di antaranya:

1. Konsumsi makanan dan minuman tinggi purin
Jika seseorang sering mengonsumsi makanan dan minuman tinggi purin, tubuhnya akan banyak menghasilkan asam urat. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi:

  • Jeroan, seperti hati, otak, dan organ dalam lainnya
  • Daging, termasuk daging sapi, bebek, domba, dan babi
  • Makanan laut, seperti ikan teri, kerang, sarden, remis, scallop, dan tuna
  • Minuman beralkohol, terutama bir
  • Minuman yang mengandung gula atau fruktosa tambahan, termasuk jus buah, soda, dan teh kemasan

2. Kelebihan berat badan
Ini juga termasuk salah satu penyebab asam urat yang cukup umum. Beberapa riset menyebutkan bahwa orang yang memiliki berat badan berlebihan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena asam urat dibandingkan orang yang memiliki berat badan sehat.

Hal ini diduga berkaitan dengan pola makan tidak sehat, khususnya kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi purin, kolesterol, dan gula.

Baca Juga: Rekomendasi 12 HP Gaming Murah Terbaik Agustus 2021, Mulai 1 Jutaan!

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB

Roti Enak Ini Tingkatkan Risiko Kematian

Senin, 20 Juni 2022 | 13:56 WIB
X