Mirip, Ini Cara Membedakan Gejala Covid-19, DBD, dan Malaria

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 14:19 WIB
Ilustrasi -- Pasien Covid-19; Cara Membedakan Gejala Covid-19, DBD, dan Malaria. (Pixabay)
Ilustrasi -- Pasien Covid-19; Cara Membedakan Gejala Covid-19, DBD, dan Malaria. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berikut ini cara membedakan gejala covid-19 dengan DBD dan malaria. Saat musim hujan, orang-orang tidak hanya menghadapi wabah virus corona Covid-19 tetapi juga penyakit menular lain, seperti malaria dan demam berdarah (DBD).

Malaria dan demam berdarah adalah penyakit yang berasal dari gigitan nyamuk dan biasanya muncul selama musim hujan. Tapi, virus corona Covid-19 seringkali menunjukkan gejala yang mirip dengan kedua penyakit tersebut.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Buah Pembunuh Diabetes, Murah dan Mudah Didapat!

cara membedakan gejala covid-19 dengan DBD dan malaria

Virus corona Covid-19 sendiri merupakan penyakit pernapasan yang menyebar melalui tetesan cairan pernapasan dari orang yang terinfeksi. Sedangkan, demam berdarah (DBD) dan malaria adalah penyakit tropis yang disebabkan oleh nyamuk dan muncul selama perubahan musim.

Tapi, demam berdarah biasanya menyebar melalui gigitan nyamuk Aedes. Lalu, malaria juga ditularkan melalui parasit yang disebut plasmodium dan menyebar melalui gigitan nyamuk Anopheles betina.

Meskipun ketiga jenis penyakit itu berbeda, demam berdarah, malaria dan virus corona Covid-19 disebabkan oleh virus dan bisa menginfeksi tubuh. Ketiga penyakit itu juga bisa menyebabkan banyak gejala, terutama masalah pernapasan dan peradangan.

Karena gejalanya yang hampir mirip, banyak orang seringkali kesulitan membedakan antara ketiga penyakit menular tersebut. Bahkan, ketiga jenis penyakit itu serupa presentasinya secara klinis.

Demam berdarah yang disebabkan oleh 4 jenis nyamuk pembawa virus bisa menyebabkan demam tinggi, sakit kepala, nyeri sendi dan otot, serta gejala gastrointestinal seperti mual, sakit perut dan diare.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB

Roti Enak Ini Tingkatkan Risiko Kematian

Senin, 20 Juni 2022 | 13:56 WIB
X