Manfaat Mandi Air Panas Usir Diabetes, Mitos atau Fakta?

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 11:33 WIB
Manfaat Mandi Air Panas. (shutterstock)
Manfaat Mandi Air Panas. (shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Manfaat mandi air panan diyakini dapat melegakan pikiran Ketika sedang banyak pikiran atau kelelahan. Selama ini, tempat pemandian air panas atau sauna memang dikenal dapat mengurangi stres dan membantu mengurangi berat badan.

Namun, tak hanya itu. Salah satu penelitian mengungkapkan manfaat mandi air panas dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan metabolisme untuk pasien diabetes.

Baca Juga: Kronologi Kisruh Undangan Lesti Kejora, Aty Kodong vs Evi Masamba

Manfaat mandi air panas bagi kesehatan
Para peneliti percaya manfaat mandi air panas dapat meningkatkan fungsi darah dan membuat tidur lebih nyenyak. Itu sebabnya, manfaat mandi air panas diyakini baik kesehatan jantung Anda.

Para ahli pun mulai menggali lebih jauh apakah ada manfaat madni air panas untuk mengatasi penyakit-penyakit metabolik, salah satunya diabetes.

Penelitian sebelumnya melaporkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 mengalami peningkatan sensitivitas insulin saat mandi air panas.

Tubuh yang lebih sensitif terhadap insulin artinya gula darah bisa dikendalikan dengan baik. Pasalnya, hormon insulin inilah yang bertugas untuk mengatur kadar gula darah.

Dengan kata lain, ada manfaat mandi air panas yang baik untuk mengendalikan kadar gula darah pada pasien diabetes.

Sayangnya, belum jelas bagaimana prosesnya. Peneliti menduga bahwa ada pengaruh air panas dan kadar gula darah terhadap respons peradangan dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Langkah Cerdas Mencegah Diabetes pada Milenial

Jumat, 30 September 2022 | 15:29 WIB

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X