Cangkang Telur Jadi Pupuk dan Biopestisida Tanaman, Begini Cara Pemakaiannya

- Senin, 23 Agustus 2021 | 22:35 WIB
Nutrisi pada tanaman bisa diperoleh melalui sampah sisa rumah tangga seperti cangkang telur.  (Pixabay/Joern Moock)
Nutrisi pada tanaman bisa diperoleh melalui sampah sisa rumah tangga seperti cangkang telur. (Pixabay/Joern Moock)

LENGKONG,AYOBANDUNG.COM— Nutrisi pada tanaman bisa diperoleh melalui sampah sisa rumah tangga seperti cangkang telur. Tidak percaya? Simak ulasannya sampai selesai.

Nitrogen, fosfor dan potasium, merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tanaman. Tentunya, dengan kurangnya nutrisi pada tanaman akan mengganggu pertumbuhan tanaman tersebut.

Cangkang telur mengandung kalsium karbonat yang baik untuk pertumbuhan tanaman. Untuk menggunakan cangkang telur sebagai pupuk adalah mempersiapkan beberapa cangkang telur yang sudah digiling atau di mixer.

Lalu taburkan di atas permukaan tanah tanaman. Cangkang telur juga bisa dicampur dengan bahan organik lainnya seperti ampas kopi, ampas buah dan sayur. Cangkang telur berguna untuk mengurangi asam pada tanah.

Berdasarkan hasil observasi, angka konsumsi telur di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan. Hal ini berimbas pada meningkatnya sampah cangkang telur atau limbah by product. Limbah cangkang telur biasanya akan dibuang begitu saja dan menjadi sampah saja. Industri UMKM, restoran, bahkan skala rumah tangga tidak mengolahnya dengan benar. Padahal jika diolah dengan benar sampah cangkang telur memiliki manfaat diantaranya menjadi pupuk dan biopestisida.

Nurul, salah satu mahasiswa di Kota Bandung, adalah salah satu orang yang memanfaatkan cangkang telur untuk menyuburkan tanaman.

“Banyak kegunaan dari cangkang telur seperti tanaman tidak cepat menguning atau layu. Tanaman selalu segar dan berwarna cerah,” ujar Nurul.

Selain itu cangkang telur juga berguna untuk biopestisida yang aman untuk lingkungan. Cangkang telur dihancurkan dan dicampur air serta cabai lalu disemprotkan pada tanaman. Hal ini untuk menghindari ulat memakan daun.

“Selain kegunaanya sebagai pupuk. Cangkang telur juga bermanfaat untuk pencegahan hama khususnya ulat. Caranya mudah sekali dengan menumbuk cangkang telur hingga halus lalu campurkan potongan cabai yang sudah dihaluskan juga dan ditambah air. Semprotkan cairan tersebut ke daun dan tangkai hal ini untuk menghilangkan dan mencegah hama seperti ulat dan siput,” ujar Nurul.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gabus, dari Rawa Jadi Ikan Hias Jutaan Rupiah

Selasa, 21 September 2021 | 16:34 WIB

FESTRA 2021: Menjaga Kebudayaan Indonesia

Selasa, 7 September 2021 | 10:24 WIB

Inovasi Baru, Budi Daya Stroberi di Peti Kemas

Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:55 WIB
X