Kunyit Penakluk Mujarab Asam Lambung, Ini Cara Mengolahnya!

- Senin, 23 Agustus 2021 | 15:15 WIB
Kunyit obat mujarab gejala asam lambung. (Pixabay/Stevepb)
Kunyit obat mujarab gejala asam lambung. (Pixabay/Stevepb)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Penyakit asam lambung adalah kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menimbulkan sensasi terbakar di dada. Penyakit yang juga dikenal dengan sebutan GERD ini disebabkan oleh melemahnya otot bagian bawah kerongkongan atau lower esopagheal sphincter (LES).

Manfaat kunyit untuk asam lambung telah dikenal sejak dulu sebagai kekayaan obat alami nusantara. Tanaman rempah yang satu ini diketahui mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang dapat meredakan berbagai gejala asam lambung. Selain itu, penyakit asam lambung juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti:

Baca Juga: Tanpa Efek Samping, Kunyit Bisa Jadi Obat Tidur Alami

  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Hamil
  • Kebiasaan merokok
  • Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan
  • Faktor usia

Beberapa jenis obat-obatan juga diketahui dapat menyebabkan otot LES melemah, sehingga asam lambung pun mudah naik ke kerongkongan.

Kondisi naiknya asam lambung ini memang menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab ada berbagai cara untuk mengatasinya dan salah satunya adalah dengan menggunakan kunyit.

Manfaat Kunyit untuk Asam Lambung
Dinukil Alodokter.com, kunyit diketahui mengandung kurkumin, yaitu senyawa pemberi warna kuning pada kunyit yang berperan sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, dan antikanker. Berkat senyawa ini, kunyit diketahui dapat meredakan gejala asam lambung dengan mengurangi jumlah dan keasaman cairan di lambung.

Kandungan antioksidan polifenol di dalam kunyit juga dapat mencegah peradangan pada kerongkongan yang dapat memicu terjadinya asam lambung dan mengatasi gastritis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh luka pada lambung. Penyakit ini dapat menimbulkan gejala berupa mual, kembung, dan muntah.

Baca Juga: 10 Ciri Asam Lambung Naik, Suara Serak Salah Satunya

Selain beberapa gangguan pada lambung di atas, kunyit juga telah digunakan sejak dulu untuk meredakan nyeri akibat radang sendi, melancarkan menstruasi, meningkatkan fungsi pencernaan, dan memelihara fungsi hati.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB
X