Trik Mancing Ikan Nila Badot di Waduk Cirata Jangari

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 13:42 WIB
Ikan Nila Badot jadi primadona di Waduk Cirata Jangari. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)
Ikan Nila Badot jadi primadona di Waduk Cirata Jangari. (Ayobandung.com/Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOBANDUNG.COM -- Tidak sedikit pemancing pemula di Waduk Cirata Jangari, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, kesulitan untuk mendapatkan ikan nila besar atau biasa disebut nila badot. Bahkan ada pula yang berbulan-bulan memancing, tak pernah dapat ikan tersebut.

Ternyata ada trik yang mudah diikuti agar bisa mendapatkan ikan nila badot yang beratnya sekitar 1 kilogram hingga 2 kilogram per ekor. Ayobandung.com berkesempatan mengikuti proses pemancingan di Waduk Cirata bersama pemancing profesional.

Aang Jimmy (50), pemancing asal Cianjur, mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memancing nila badot. Pertama, pemancing harus mencari informasi lokasi lapak yang sebelumnya banyak terdapat ikan nila badot.

“Setibanya di dermaga atau bibir waduk Jangari, kita mencari informasi ke tukang perahu menanyakan lokasi yang ramai ditempati pemancing mendapatkan Ikan Nila Badot,” terang Aang Jimmy kepada Ayobandung.com, Minggu, 22 Agustus 2021.

Kedua, kata Aang Jimmy, siapkan umpan berupa lukut atau cacing. Tapi dengan catatan, cari lukut panjang, keras, dan segar. Begitupun cacing, jangan terlalu kecil.

“Biasanya pemula asal-asalan saja membeli lukut, padahal ada kriteria tertentu. Kalau tidak, ya jangan harap dapat ikan nila badot,” tuturnya.

Ketiga, harus memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan ikan nila badot, yakni antara pukul 09.00 hingga 11.00 WIB dan sore sekitar pukul 14.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

“Kalau siang, biasanya embusan angin cukup kencang membuat arus di dalam air juga kencang,” ujarnya.

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

10 Hotel Seru untuk Staycation di Bandung

Minggu, 10 Oktober 2021 | 05:30 WIB

5 Cara Produktif Kerja setelah Liburan

Minggu, 3 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Bukit Anti Galau, Pesona Baru Wisata Kota Cirebon

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 13:36 WIB
X