Merasa Sering Haus? Waspadai Gejala Penyakit Kronis Ini

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 09:12 WIB
[Ilustrasi] sering merasa haus. (Pixabay)
[Ilustrasi] sering merasa haus. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Rasa haus sebenarnya merupakan kondisi normal yang menandakan bahwa tubuh sedang membutuhkan cairan untuk menjalankan metabolisme. Namun, rasa haus yang muncul sepanjang hari, terutama jika Anda sudah minum air yang cukup, bisa saja menjadi tanda adanya kondisi atau penyakit tertentu.

Penting bagi Anda untuk mengenal apa saja penyebab rasa haus yang normal dan tidak, agar kondisi ini bisa segera diperiksakan ke dokter dan ditangani. Pasalnya, munculnya rasa haus yang terlalu sering dan cukup parah, bisa saja menandakan beberapa penyakit, misalnya diabetes.

Penyebab Umum dari Keluhan Sering Haus
Dinukil Alodokter.com, rasa haus yang normal merupakan pertanda bahwa tubuh memerlukan cairan sebagai respons atas beberapa kondisi, seperti:

Baca Juga: Satgas: Level PPKM Bersifat Adaptif Sesuai Kasus di Daerah

Dehidrasi
Dehidrasi terjadi saat tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini biasanya dialami saat Anda kurang banyak minum, mengonsumsi terlalu banyak minuman beralkohol, sedang diare, muntah, maupun banyak berkeringat.

Selain itu, beraktivitas di bawah terik matahari terlalu lama juga bisa menyebabkan heatstroke yang bisa memicu munculnya rasa haus, pusing, dan bahkan pingsan.

Konsumsi makanan tertentu
Mengonsumsi makanan, terutama makanan pedas dan asin, dapat membuat tubuh haus dan ingin mengonsumsi lebih banyak cairan. Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung banyak MSG juga kerap menyebabkan keluhan sering haus.

Ini karena MSG maupun garam yang memberi rasa asin dan gurih mengandung natrium. Jika dikonsumsi berlebihan, mineral ini bisa merangsang rasa haus.

Kehamilan
Wanita hamil umumnya lebih sering merasa haus dan ingin buang air kecil terus menerus. Ini terjadi karena adanya perubahan hormon selama masa kehamilan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meniran Diklaim Bisa Jadi Obat Covid-19, Benarkah?

Selasa, 30 November 2021 | 14:31 WIB

BAB Setiap Hari Sehat? Ini Jawabannya

Selasa, 30 November 2021 | 12:15 WIB

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB
X