Sejarah Tempe, Superfood Olahan Kedelai yang Kini Mendunia

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 16:20 WIB
Kata tempe diduga berasal dari bahasa Jawa kuno yaitu Tumpi yang artinya makanan berwarna putih, meski awalnya dibuat dari kedelai hitam. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
Kata tempe diduga berasal dari bahasa Jawa kuno yaitu Tumpi yang artinya makanan berwarna putih, meski awalnya dibuat dari kedelai hitam. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Sederhana tetapi mendunia, itulah tempe. Makanan asli Indonesia hasil fermentasi kacang kedelai yang kini menjadi favorit masyarakat bangsa asing.

Di Indonesia, tempe mudah sekali dijumpai. Sedangkan di luar negeri, tempe menjadi makanan yang paling dicari, karena dianggap sebagai superfood dan dapat mengganti daging sebagai asupan protein.

Banyak sekali olahan makanan dari berbagai daerah terbuat dari tempe. Seperti keripik tempe, tempe bacem, tempe orek, tempe mendoan dan masih banyak lagi. Masyarakat dari semua kalangan di Indonesia ikut mengonsumsi tempe. Tapi, sebenarnya dari mana berasal?

Berdasarkan hasil rangkuman Ayobandung.com dari berbagai sumber, tentang sejarahnya, tempe mulai berkembang di Jawa Tengah dan Jawa Timur ribuan tahun lalu.

Kata tempe diduga berasal dari bahasa Jawa kuno yaitu Tumpi yang artinya makanan berwarna putih. Meski begitu, ada juga sumber sejarah yang menyebut awalnya tempe terbuat dari kedelai hitam.

Dalam perdagangan, tempe diperkirakan sudah ada sejak abad ke-17, karena saat itu bangsa Tiongkok juga memperkenalkan makanan dari tahu yang sama-sama terbuat dari kacang kedelai.

Menurut Andreas Maryoto, wartawan spesialis sejarah pangan, tempe muncul dari kedelai buangan pabrik tahu yang kemudian tanpa sengaja dihinggapi kapang (jamur). Lalu, jadilah tempe kedelai.

Karena diciptakan oleh masyarakat, tempe disebut sebagai makanan kerakyatan hingga sempat menjadi simbol kemiskinan. Murdijati Gardjito, peneliti pusat studi pangan dan gizi Universitas Gadjah Mada, mengungkapkan, tempe diciptakan bukan karena pengaruh dari negara lain. Melainkan karena terbuat dari bahan dasar kedelai dan harga produksi pertanian yang murah, sehingga dahulu tempe menjadi makanan yang diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah dengan harganya yang murah.

Hingga kini tempe mendunia, masih belum ditemukan siapa yang menciptakan tempe pertama kali. Meski merakyat, kini pamor tempe di era modern semakin naik khususnya dalam dunia kuliner. Bahkan tempe bisa dijadikan sebagai salah satu superfood dan bahan makanan mewah. [Alya Nur Anisya] 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Resep Kreasi Tahu Susu Lembang, Mudah dan Nikmat

Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:41 WIB

Resep dan Cara Membuat Kulit Lumpia Basah atau Kering

Senin, 11 Oktober 2021 | 11:22 WIB

6 Tempat Nongkrong Instagramable di Bandung

Minggu, 10 Oktober 2021 | 10:00 WIB

5 Bakso Enak di Bandung, Cocok untuk Makan Siang

Kamis, 23 September 2021 | 11:20 WIB

5 Rekomendasi Jajanan Khas Bandung yang Wajib Kamu Coba

Minggu, 19 September 2021 | 16:27 WIB

Rekomendasi 15 Kuliner Enak dan Populer di Bandung

Sabtu, 18 September 2021 | 11:09 WIB

Cara Membuat Somay, Resep Siomay Tanpa Ikan untuk Dijual

Selasa, 14 September 2021 | 12:18 WIB
X