5 Ikan Ini Boleh Dimakan Penderita Kolesterol, Gak Perlu Mahal!

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 11:09 WIB
 Ikan nila. (Freepik)
Ikan nila. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Seperti tekanan darah, kadar kolesterol juga bisa melonjak naik lebih dari yang dibutuhkan. Kadar kolesterol tinggi tidak baik untuk kesehatan. Selain minum obat, orang dengan kadar kolesterol tinggi perlu memperhatikan pilihan makanannya, salah satunya dalam memilih jenis ikan. Lantas, jenis ikan apa yang boleh dan aman dimakan penderita kolesterol?

Daftar ikan yang boleh dimakan penderita kolesterol
Ada banyak jenis ikan di pasaran, tapi tidak semuanya baik bagi pengidap kadar kolesterol tinggi. Ikan yang diawetkan dengan tambahan garam, seperti ikan asin atau ikan teri, salah satu jenis yang tak cocok dikonsumsi penderita kolesterol.

Meskipun jenis ikan ini tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, kandungan garamnya yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Ini karena garam bisa menaikkan tekanan darah yang akhirnya memicu hipertensi.

Baca Juga: Indonesia Bakal Datangkan 1.560.780 Dosis Vaksin Pfizer Sore Ini

Memiliki kolesterol tinggi saja sudah meningkatkan risiko penyakit jantung, apalagi jika mengidap hipertensi. Keduanya, bisa membuat risiko penyakit jantung jadi lebih besar.

Tapi jangan khawatir karena banyak jenis ikan yang tetap boleh dimakan penderita kolesterol tinggi karena kandungan nutrisinya yang menyehatkan tubuh. Mengutip laman Mayo Clinic, ikan berlemak memiliki kadar asam lemak omega 3 yang tinggi yang dapat menurunkan kadar trigliserida (lemak dalam darah) dan tekanan darah.

Mengonsumsi makanan ini secara rutin bisa bisa mengurangi risiko kematian mendadak pada orang yang pernah mengalami serangan jantung. Kandungan asam lemak omega 3 memang tidak menurunkan kadar kolesterol, tapi manfaatnya bisa menjaga kesehatan jantung bagi penderita kolesterol tinggi.

Supaya tidak salah pilih, dinukil Hellosehat.com, berikut ini adalah jenis ikan yang boleh dimakan penderita kolesterol.

Baca Juga: Lipatan Daun Telinga Bisa Tunjukan Gejala Jantung Koroner, Cek Sekarang!

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Air Kencing Berbuih, Apakah Tanda Penyakit Serius?

Jumat, 28 Januari 2022 | 13:56 WIB

5 Penyebab Osteoporosis di Usia Muda, Apa Saja?

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:08 WIB

Gejala Omicron Paling Buruk, Kenali 10 Daftarnya

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:43 WIB

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB
X