Air Ketumbar Mampu Usir Kolesterol hingga Diabetes, Ini Cara Buatnya!

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 09:37 WIB
Air Ketumbar (Shutterstock)
Air Ketumbar (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat air ketumbar bagi kesehatan. Ketumbar lebih sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk melengkapi cita rasa masakan. Padahal, tidak hanya itu. Air rebusan ketumbar juga bisa dijadikan minuman berkhasiat.

Ketumbar merupakan salah satu makanan dan tanaman herba yang kaya akan nutrisi. Tak hanya bisa dikonsumsi langsung sebagai makanan atau lalapan, ketumbar juga bisa diolah menjadi jamu atau teh herbal.

Ini karena di dalam air ketumbar terdapat beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, zat besi, folat, serta vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K,

Selain itu, ketumbar dan air ketumbar juga kaya akan senyawa antioksidan, seperti tokoferol, karotenoid, flavonoid, tanin, antosianin, lutein, zeaxanthin, dan quercetine.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Bayar Ratusan Juta, Jokowi Didesak Tepati Janji

Manfaat Air Ketumbar
Dikutip dari Alodokter.com, berikut adalah berbagai manfaat air ketumbar yang bisa Anda peroleh:

1. Mengatasi masalah pencernaan
Salah satu manfaat air ketumbar yang cukup terkenal adalah untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti mual, diare, dan perut kembung. Ini karena, kandungan serat dalam ketumbar bisa meningkatkan kerja sistem pencernaan Anda secara keseluruhan.

Tak hanya itu, air ketumbar juga memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan antiradang. Manfaat ini menjadikan air ketumbar dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gangguan pencernaan.

2. Menurunkan kadar gula darah
Beberapa riset menunjukkan bahwa ekstrak ketumbar dan air ketumbar mampu meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin, sehingga kadar gula darah bisa terkontrol. Efek ini menjadikan air ketumbar baik dikonsumsi untuk mengurangi risiko Anda terkena penyakit diabetes.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meniran Diklaim Bisa Jadi Obat Covid-19, Benarkah?

Selasa, 30 November 2021 | 14:31 WIB

BAB Setiap Hari Sehat? Ini Jawabannya

Selasa, 30 November 2021 | 12:15 WIB

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB
X