Berhubungan Seks Bisa Turunkan Kolesterol, Mitos atau Fakta?

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 11:46 WIB
[Ilustrasi] Tidak sedikit yang meyakini bahwa berhubungan seks dapat membuat tubuh terasa bugar, menurunkan berat badan, hingga menurunkan kolesterol. Akan tetapi, benarkah hubungan seksual ada hubungannya dengan kadar kolesterol Anda? (Pixabay)
[Ilustrasi] Tidak sedikit yang meyakini bahwa berhubungan seks dapat membuat tubuh terasa bugar, menurunkan berat badan, hingga menurunkan kolesterol. Akan tetapi, benarkah hubungan seksual ada hubungannya dengan kadar kolesterol Anda? (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Hubungan seksual tidak hanya bermanfaat bagi kondisi emosional, tapi juga fisik. Bahkan, tidak sedikit yang meyakini bahwa berhubungan seks dapat membuat tubuh terasa bugar, menurunkan berat badan, hingga menurunkan kolesterol. Akan tetapi, benarkah hubungan seksual ada hubungannya dengan kadar kolesterol Anda?

Faktor yang menurunkan kadar kolesterol
Sebelum memahami apakah berhubungan seks bisa menurunkan kolesterol atau tidak, Anda tentu perlu mengetahui sekilas soal kolesterol dan cara menurunkan kadarnya jika berlebih.

Kolesterol adalah sejenis zat menyerupai lemak yang secara alamiah terdapat pada sel tubuh Anda.

Baca Juga: Tarif Tes PCR RS di Bandung Mulai Turun Jadi Rp495.000

Tubuh membutuhkan kolesterol untuk beragam fungsi. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu pembentukan plak pada pembuluh darah. Dampaknya adalah peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, hingga serangan jantung.

Kolesterol darah akan meningkat seiring bertambahnya usia. Selain itu, pola makan tinggi lemak jenuh, obesitas, kebiasaan merokok, serta kurangnya aktivitas fisik juga menjadi pemicunya.

Untuk menurunkan kolesterol, Anda harus menjauhi faktor-faktor tersebut. Anda harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berhenti merokok, menjaga berat badan ideal, dan tentunya rajin menjalani aktivitas fisik.

Lantas, apakah seks bisa menurunkan kolesterol?
Dikutip dari Hellosehat.com, menurut sebuah penelitian, aktivitas fisik paling ideal untuk menurunkan kolesterol adalah gabungan olahraga aerobik dan latihan resistensi.

Olahraga aerobik adalah jenis olahraga yang memacu detak jantung, seperti berjalan kaki, berenang, dan berlari.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB

Cara Hilangkan Lemak Perut, 5 Tips Ini Dijamin Ampuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:26 WIB
X