5 Manfaat Ikan Air Tawar yang Jarang Disadari

- Sabtu, 14 Agustus 2021 | 11:18 WIB
Ikan bandeng. (Freepik)
Ikan bandeng. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ikan merupakan bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain ikan laut yang sangat populer seperti salmon dan tuna, Anda juga bisa mendapatkan asupan gizi dan manfaat yang tidak kalah baiknya dari ikan air tawar.

Indonesia punya ragam jenis ikan air tawar, seperti ikan lele dan gurame. Ikan ini hidup di sungai, kolam, atau danau dengan kandungan garam yang sangat rendah. Dengan habitat berbeda, kandungan gizi ikan air tawar pun berbeda dengan ikan laut.

Manfaat ikan air tawar bagi kesehatan

Ikan laut dan ikan air tawar hanya memiliki sedikit perbedaan dalam kandungan gizinya. Kendati sama-sama kaya protein, ikan air tawar mengandung lebih banyak asam lemak omega-3, kalsium, vitamin A, dan folat dibandingkan ikan laut.

Baca Juga: Perubahan Kecil Tubuh Tanda Risiko Kematian Dini, Kenali Cirinya!

Dengan adanya berbagai zat gizi tersebut, dikutip dari Hellosehat.com, berikut manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi ikan air tawar.

1. Mengurangi risiko penyakit jantung
Ikan air tawar merupakan sumber omega-3. Lemak tak jenuh ini mampu menyehatkan jantung dengan menurunkan tekanan darah, peradangan, dan trigliserida. Selain itu, omega-3 juga mengurangi peradangan yang bisa merusak pembuluh darah.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa orang rutin makan ikan berisiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung dan stroke. Bahkan, ikan air tawar juga berpotensi menurunkan risiko kematian yang berkaitan dengan penyakit jantung.

2. Mencegah anemia
Ikan air tawar mempunyai manfaat bagi orang yang rentan mengalami anemia berkat kandungan vitamin B12-nya yang tinggi. Tak tanggung-tanggung, kandungan vitamin B12 pada makanan ini bahkan bisa memenuhi 121% kebutuhan harian.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Air Kencing Berbuih, Apakah Tanda Penyakit Serius?

Jumat, 28 Januari 2022 | 13:56 WIB

5 Penyebab Osteoporosis di Usia Muda, Apa Saja?

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:08 WIB

Gejala Omicron Paling Buruk, Kenali 10 Daftarnya

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:43 WIB

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB
X