7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Jarang Disadari

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 16:07 WIB
[Ilustrasi] Mudah lelah pertanda kolesterol tinggi. (shutterstock)
[Ilustrasi] Mudah lelah pertanda kolesterol tinggi. (shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh makan-makanan yang tidak sehat, contohnya gorengan yang banyak mengandung lemak jenuh. Selain itu, obesitas dan jarang berolahraga juga bisa memicu kenaikan kolesterol yang berisiko serangan jantung atau stroke. Namun, tahukah Anda apa saja gejala yang muncul saat kolesterol sedang tinggi? Bagaimana cara mengetahuinya? Simak penjelasan mengenai gejala kolesterol di bawah ini.

Saat kolesterol tinggi, adakah gejala yang muncul?
Pada dasarnya, kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala tertentu. Artinya, Anda mungkin tidak sadar meski kadar kolesterol di dalam tubuh telah melebihi batas normal. Anda hanya akan mengetahuinya jika melakukan tes kolesterol. Namun, Anda mungkin saja menyadari bahwa Anda mengalami kolesterol tinggi saat mengalami berbagai gejala dari komplikasi kolesterol.

Baca Juga: Lomba 17 Agustus Hanya Boleh Virtual

Dikutip dari Hellosehat.com, berikut adalah beberapa gejala khas yang mungkin muncul akibat komplikasi kolesterol yang mungkin Anda alami.

1. Mudah lelah
Tubuh yang sangat lelah bisa terjadi pada semua orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi. Kondisi ini merupakan salah satu gejala yang mungkin Anda alami. Masalah utamanya adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah dengan kadar oksigen yang cukup.

Lalu, berbagai organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras, sementara jantung dan pembuluh darah sedang bermasalah. Tak jarang tubuh yang mudah lelah dan tidak bersemangat sering dialami sebagai gejala kadar kolesterol tinggi.

Baca Juga: Sejarah Panjang Pembentukan Paskibraka, Lengkap dengan Ide Formasinya!

2. Otot tubuh mudah lelah
Penderita hipertensi yang mengalami kolesterol tinggi juga bisa mengalami otot kaki yang sangat lemah, lho. Meskipun begitu, kondisi ini mungkin juga dialami oleh orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, meski tidak menderita hipertensi.

Kondisi ini mungkin terjadi sebagai gejala yang muncul akibat kolesterol tinggi, sebab hal ini mungkin terjadi saat terjadi penyumbatan pada pembuluh darah arteri. Penyumbatan ini menyebabkan arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, hingga otot kaki menjadi sangat lemah.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X