Benarkah Konsumsi Telur Puyuh Picu Kolesterol hingga Darah Tinggi?

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 12:41 WIB
Telur Puyuh. (Pixabay)
Telur Puyuh. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Telur puyuh merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Selain rasanya nikmat, telur ini juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Namun, telur puyuh juga memiliki reputasi yang baik karena dianggap bisa menyebabkan kolesterol naik. Apakah hal ini benar?

Baca Juga: Didikan Keras Pelatih Antarkan Anthony Ginting Raih Medali Olimpiade Tokyo 2020

Kandungan lemak jenuh dalam telur puyuh
Telur puyuh merupakan telur yang dihasilkan dari buyung puyuh. Anda mungkin sering menemukannya dalam berbagai hidangan, seperti dalam sup. Bentuknya yang lebih kecil dari telur biasa membuat Anda mungkin mengonsumsinya dalam jumlah lebih banyak dalam sekali makan. Tapi, tunggu dulu, kebanyakan makan telur ini mungkin juga tidak baik.

Dikutip dari Hellosehat.com, satu porsi telur puyuh (5 butir) mengandung 6 gram protein dan 5 gram lemak. Kandungan protein dan lemaknya yang relatif sedikit membuat jumlah kalori yang terkandung di dalamnya juga relatif sedikit, yaitu hanya sekitar 71 kalori dalam satu porsi.

Namun, kandungan lemak jenuh dalam telur ini relatif tinggi. Dalam 5 butir telur terkandung 1,6 gram lemak jenuh. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dibandingkan telur ayam yang mengandung lemak jenuh sebanyak 1,5 gram dalam satu butir.

Perbandingan kandungan kuning telur yang lebih banyak dibandingkan putih telur dalam telur puyuh mungkin memengaruhi jumlah lemak jenuh yang ada pada telur puyuh. Lemak jenuh ini kemudian dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Baca Juga: Tips Mengecilkan Perut Tanpa Diet dan Olahraga, Anti Ribet!

Benarkah lemak jenuh dalam telur puyuh memicu kolesterol dan darah tinggi?
Beberapa orang mungkin takut tekanan darahnya akan naik jika mengonsumsi telur karena kandungan lemak jenuh atau kolesterolnya. Kolesterol darah yang meningkat dapat menyebabkan tekanan darah juga ikut meningkat. Namun, hal ini mungkin membutuhkan proses yang tidak sebentar.

Walaupun telur puyuh mengandung lemak jenuh relatif tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, hal ini belum tentu dapat meningkatkan kadar kolesterol darah dan tekanan darah Anda.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat, Ini 7 Makanan Pantangan Ibu Hamil Muda

Jumat, 28 Januari 2022 | 16:49 WIB

Air Kencing Berbuih, Apakah Tanda Penyakit Serius?

Jumat, 28 Januari 2022 | 13:56 WIB

5 Penyebab Osteoporosis di Usia Muda, Apa Saja?

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:08 WIB

Gejala Omicron Paling Buruk, Kenali 10 Daftarnya

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:43 WIB

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB
X