Mengobati Asam Urat dengan Mudah dan Alami

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 09:58 WIB
ilustrasi nyeri asam urat. (Batamxinwen.com)
ilustrasi nyeri asam urat. (Batamxinwen.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Anda tentu pernah mendengar sakit karena asam urat. Asam urat sendiri merupakan produk limbah yang dihasilkan dari pemecahan purin. Purin merupakan zat yang ditemukan secara alami, baik dari dalam tubuh ataupun dari dalam makanan.

Ada banyak makanan yang mengandung purin tinggi, diantaranya adalah jeroan, ikan sarden, kerang, kepiting dan ikan makarel. Selain makanan hewani, Anda juga bisa menemukan purin di makanan yang mengandung alkohol, sayuran tertentu dan makanan yang sudah diawetkan.

Mengobati asam urat biasanya dilakukan dengan obat, namun Anda bisa mengobatinya secara alami. Jika tidak diobati, kandungan asam urat yang tinggi juga bisa menyebabkan penyakit ginjal, diabeter, dan juga berbagai jenis kanker.

Di dalam tubuh, jika kandungan asm urat normal, maka tubuh tidak akan mengalami gangguan apapun. Berbeda jika kandungan asam urat di dalam tubuh tinggi, maka akan ada banyak masalah yang mungkin akan muncul. Kristal asam merupakan salah satu akibat yang diakibatkan jika banyak asam urat menumpuk di dalam tubuh.

Mengobati asam urat bisa disesuaikan dengan kadar asam urat yang ada di dalam tubuh seseorang. Untuk diketahui, kandungan asam urat untuk laki-laki umumnya adalah 7 mg/dl, sedangkan untuk perempuan harusnya berada di baah 6 mg/dl.

Ketika asam urat yang dimiliki tinggi, maka ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, di antaranya:

Konsumsi Vitamin C

Cara pertama adalah dengan mengkonsumsi vitamin C, vitamin ini terbukti untuk Anda yang ingin mengurangi asam urat di dalam darah. Jika dikonsumsi dengan baik, sumplemen vitamin C dengan dosis 500 miligram akan menurunkan kandungan asam urat di dalam tubuh.

Seseorang yang mengonsumsi vitamin C selama 2 bulan mengalami penuruan asam urat secara signifikan. Cara mengobati asam urat ini juga disarankan oleh ahli medis yang berpengalaman, sehingga tepat untuk dilakukan oleh penderita asam urat.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meniran Diklaim Bisa Jadi Obat Covid-19, Benarkah?

Selasa, 30 November 2021 | 14:31 WIB

BAB Setiap Hari Sehat? Ini Jawabannya

Selasa, 30 November 2021 | 12:15 WIB

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB

Waspadai 5 Efek Samping Setelah Sembuh Demam Berdarah

Senin, 29 November 2021 | 18:17 WIB

7 Ciri Berat Badan Mulai Turun dan Angka Idealnya

Senin, 29 November 2021 | 15:10 WIB

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Sabtu, 27 November 2021 | 15:37 WIB
X