Jaga Kesehatan Mata Selama Pandemi dengan 6 Tips Mudah Ini!

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 18:59 WIB
[Ilustrasi] menggunakan obat tetes mata. (Freepik)
[Ilustrasi] menggunakan obat tetes mata. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ini 6 tips menjaga kesehatan mata yang dapat Anda terapkan saat pandemi. Maklum, kesehatan mata sangat perlu diperhatikan agar Anda dapat melihat dengan baik dan terhindar dari gangguan mata berat seperti katarak atau glaukoma.

Di tengah pandemi yang melanda dunia, sudah bukan rahasia umum bahwa sebagian besar kegiatan tatap muka dialihkan menjadi daring. Tentu saja hal ini meningkatkan intensitas Anda menggunakan komputer dan smartphone.

Sayangnya banyak orang yang seakan lupa pentingnya menjaga kesehatan mata mereka. Padahal mata merupakan panca indra yang sangat krusial perannya bagi manusia.

Maka dari itu, Ayobandung.com kali ini merangkum 6 cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mata Anda!

Periksa Mata Secara Rutin dan Teratur
Sejatinya setiap orang, mulai dari anak kecil hingga lansia dianjurkan untuk rutin memeriksakan matanya paling tidak dua tahun sekali. Pemeriksaan rutin ini dilakukan untuk memantau kondisi mata sekaligus dapat mendeteksi gangguan mata sejak dini.

Meskipun Anda tidak memiliki keluhan apa pun, pemeriksaan rutin ini tetap dianjurkan. Dokter akan tetap memberikan serangkaian tes untuk memeriksa kemampuan penglihatan Anda. Anda juga dapat terus memantau ukuran kacamata Anda dengan melakukan pemeriksaan rutin seperti ini.

Menjaga Pola Makan Sehat
Salah satu makan yang populer sebagai makanan untuk menjaga kesehatan mata adalah wortel. Namun wortel bukan satu-satunya makanan yang baik untuk kesehatan mata lho.

Vitamin untuk kesehatan mata tidak hanya vitamin A saja, tapi juga vitamin C, vitamin E, zink, lutein, asam lemak omega-3, hingga karotenoid. Maka dari itu sebenarnya ada banyak makanan selain wortel yang dapat memberikan nutrisi pada mata.

Contoh paling mudah ialah labu kuning dan ubi, kedua makanan berwarna oranye ini memiliki banyak vitamin A seperti wortel. Ada pula bayam dan sayuran hijau lainnya yang mengandung lutein dan antioksidan yang baik untuk kesehatan mata.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Ini Beda Cacar Monyet dengan Cacar Air

Selasa, 24 Mei 2022 | 17:38 WIB

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X