Jangan Dibaca! 9 Cara Supaya Tidak Mudah Lupa Ini Hanya Untuk Para Pelupa

- Kamis, 1 Desember 2022 | 16:13 WIB
Ilustrasi 9 Cara Supaya Tidak Mudah Lupa. (U-Report)
Ilustrasi 9 Cara Supaya Tidak Mudah Lupa. (U-Report)

AYOBANDUNG – Mungkin Anda sedang cari cara supaya tidak lupa di mana menaruh kaca mata, meski kita sendiri yang menyangkutkannya di atas kepala. Atau di mana meletakkan kunci motor misalnya, padahal kita sendiri tak mencopotnya sewaktu parkir.

Ngaku juga, Anda sedang cari cara supaya tidak mudah lupa tanggal lahir pasangan, bukan? Kapan menikah dengannya? Kapan hari ulang tahun anak-anak? Silahkan teruskan daftar pertanyaan yang acapkali Anda ragu-ragu menjawabnya.

Misalnya bagaimana cara supaya tidak mudah lupa jadwal rapat dengan atasan, agenda pertemuan dengan pelanggan, janji sama rekan sejawat dan sebagainya. Yang lebih gawat kita juga sering lupa sebagai hamba-Nya.

Baca Juga: Cara Mulus Lulus PNS, Lewat Jalur Khusus Saja Kalau Punya Syarat Berikut

Secara spiritual manusia memang tempatnya lupa. Dari sudut pandang keilmuan pun, mudah lupa adalah bagian tak terpisahkan dari kita. “Hampir 99 persen lupa yang terjadi pada kita itu normal saja. Bukan sesuatu yang menakutkan,” kata Lisa Genova, seperti dikutip Bigthink.

Ahli syaraf otak yang mendalami soal lupa itu tak bermaksud menyepelekan salah satu tanda “kelemahan mental” tersebut. Lisa Genova hanya menegaskan bahwa mudah lupa cuma proses alamiah. Karena sifatnya itulah, ada banyak cara mengurangi tingkat kelupaan seseorang.

Sebagai seorang neuroscientist solusi yang ditawarkan Lisa Genova tentu saja hanya berbasis pada kaidah-kaidah neuroscience, khususnya pada proses biologis yang terjadi pada syaraf otak manusia. Sederhananya ia menelusuri sebabnya, kemudian mengintervensinya supaya tidak lupa.

Baca Juga: Urang Minang Baralek Gadang di Bandung, Pesta Budaya dan Kuliner Minang di Bumi Parahyangan

Setidaknya ada sembilan cara supaya tidak mudah lupa atau meningkatkan daya ingat, menurut penulis buku Remember: The Science of Memory and the Art of Forgetting itu. Seluruhnya berkaitan langsung dengan kerja otak juga pikiran.   

Cara pertama supaya tidak mudah lupa, adalah perhatian. “Otak tak akan mengingat apa-apa yang tidak kita perhatikan,” ujarnya. Karenanya mulailah memperhatikan sekalian mengingat tempat meletakkan remote AC, gunting kuku, atau hal-hal lain seperti janji dan sebagainya.   

Halaman:

Editor: Yafi Ralesa

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cara Mudah Mulai Hidup Sehat di 2023

Selasa, 3 Januari 2023 | 15:45 WIB
X