Ancaman Varian Baru Omicron XBB, Kemenkes Himbau Masyarakat Indonesia Waspada Jelang Mudik Akhir Tahun

- Selasa, 1 November 2022 | 16:34 WIB
Ancaman Varian Baru Omicron XBB, Kemenkes Himbau Masyarakat Indonesia Waspada Jelang Mudik Akhir Tahun (Twitter KemenkesRI )
Ancaman Varian Baru Omicron XBB, Kemenkes Himbau Masyarakat Indonesia Waspada Jelang Mudik Akhir Tahun (Twitter KemenkesRI )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM --Varian baru Omicron XBB mulai terdeteksi di Indonesia. Kemenkes himbau masyarakat tetap waspada menjelang mudik akhir tahun dan tidak lupa dengan protokol kesehatan.

Omicron XBB merupakan jenis virus Covid-19 varian baru yang mengalami mutasi DNA. Sebelum masuk ke Indonesia varian Omicron XBB pertama kali di temukan di Bosswana, Afrika Selatan pada November 2021.

Saat ini, kurang lebih ada 24 negara melaporkan varian baru Omicron XBB telah menginfeksi masyarakatnya.

Baca Juga: Covid-19 dan Cacar Monyet Belum Selesai Kini Muncul Flu Tomat, Virus Apakah Itu?

Di Indonesia, penemuan kasus pertama berasal dari seorang perempuan berusia 29 tahun, yang baru kembali dari kembali dari kota lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dilansir AyoBandung.com dari website resmi Kementerian Kesehatan Indonesia, bahwa infeksi Omicron varian XBB yang terjadi merupakan transmisi lokal.

Penularan virus Omicron varian XBB jauh lebih berbahaya daripada varian Delta, karena memiliki tingkat penularan yang lebih cepat, walaupun deretan gejala infeksi umumnya terlihat sama dengan infeksi varian virus Covid-19 lain.

Tingkat infeksi dan penyebaran virus XBB ini bisa kita lihat dari lonjakan kasus yang terjadi di Negara Singapura.

Baca Juga: Wuhan dan Puluhan Kota di China Lockdown Lagi, Covid-19 Kembali Melonjak

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cara Mudah Mulai Hidup Sehat di 2023

Selasa, 3 Januari 2023 | 15:45 WIB
X