Temuan Covid-19 Varian XBB di Indonesia, Wapres Ingatkan Prokes dan Sebut Kemenkes Sedang Lakukan Kajiannya

- Sabtu, 29 Oktober 2022 | 12:26 WIB
Ma'ruf Amin menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan menjaga prokes dengan masuknya covid varian baru covid Omicron XBB di Indonesia. (Dok/BPMI Setwapres)
Ma'ruf Amin menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan menjaga prokes dengan masuknya covid varian baru covid Omicron XBB di Indonesia. (Dok/BPMI Setwapres)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan mengingatkan agar tetap menjaga prokes dengan masuknya covid varian baru Omicron XBB di Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Ma'ruf Amin usai menghadiri acara Peringatan Hari Santri Nasional 2022 di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara (Penata), Serang, Banten pada Jum'at 28 Oktober 2022.

"Kita sudah menjaga kondisi seperti sekarang, kepada masyarakat tetap harus menggunakan masker dan berhati-hati," ujar Wapres Ma’ruf Amin dikutip dari laman wapresri.go.id.

Baca Juga: Isu Merebak, Belum Ada Bukti Ilmiah Vaksin Covid-19 Jadi Penyebab Gagal Ginjal Akut

Ia menambahkan, ditengah masuknya covid varian baru, masyarakat diminta untuk tetap melakukan aktivitasnya sehari-hari dengan penuh kehati-hatian yang tinggi agar roda sosial ekonomi masyarakat tetap stabil.

"Tetapi Jangan sampai mengganggu mobilisasi masyarakat, jangan sampai ekonomi terganggu,” tutur Wapres.

Wapres menegaskan pula bahwa pemerintah terus mengkaji perkembangan yang terjadi saat ini terkait covid varian baru tersebut, hal itu kemudian menjadi dasar dalam menentukan status kedaruratan dalam pandemi ini.

Baca Juga: Stok Vaksin Covid-19 Kota Bandung Habis, Wali Kota Bandung Berharap Vaksin Indovac Segera Disalurkan

"Pemerintah terus mengamati perkembangan. Karena itu, sampai hari ini belum mengubah status pandemi menjadi endemi karena kita masih terus mengamati sambil juga menunggu petunjuk-petunjuk lebih lanjut dari WHO,” tegas Wapres.

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan bahwa Kementerian Kesehatan telah melakukan analisis dan kajian mengenai seberapa besar bahayanya sub varian Omicron XBB dan  potensi munculnya sub varian baru ke depan.

Halaman:

Editor: Isabella Nilam Mentari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Cara Mudah Mulai Hidup Sehat di 2023

Selasa, 3 Januari 2023 | 15:45 WIB
X