Tragedi Kanjuruhan Malang : Apa itu Gas Air Mata, Bahaya, Efek Samping serta Cara Untuk Menanganinya

- Senin, 3 Oktober 2022 | 16:12 WIB
Penembakan Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan Malang (Kolase Ayobandung.com)
Penembakan Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan Malang (Kolase Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM - - Berikut ini penjelasan apa itu gas air mata, bahaya yang ditimbulkan, serta bagaimana cara menghindarinya saat diaktifkan.

Setelah peristiwa naas yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu, 1 Oktober 2022 kemarin, banyak masyarakat bertanya-tanya mengenai apa itu gas air mata, bahaya, serta bagaimana cara menghindarinya.

Pertanyaan publik pun muncul, usai banyak pemberitaan yang mengabarkan tindakan aparat keamanan yang bertugas di Stadion melemparkan gas air mata kearah pondium penonton saat melerai kerusuhan yang terjadi.

Baca Juga: Listyo Sigit Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan Malang, Kapolri : Sabar Ya Bu, Penting Sembuh Dahulu..

Penggunaan gas air mata oleh aparat lantaran banyak suporter yang berbondong-bondong masuk ke lapangan usai pertandingan antara Arema FC dan Persebaya Surabaya.

Prilaku aparat tersebut melanggar pasal 19 poin b FIFA Stadium Safety and Security Regulations telah melarang penggunaan gas air mata.

Dari data kepolisian, tercatat sebanyak 125 orang meninggal dunia dalam kejadian naas tersebut. Mayoritas penyebab kematian tersebut diantaranya karena sesak nafas akibat efek gas air mata.

Dari kejadian tersebut, apakah gas air mata berbahaya?

Baca Juga: Tak Terdaftar Penerima BSU Tahap 4 Tenang, BLT Tahap 5 Cair Mulai Pekan Depan? Intip Syarat dan Cara Ceknya

Halaman:

Editor: Jinan Vania Barizky

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X