3 Motif Batik Mencerminkan Pacira Hasil Karya Dosen ISBI Dipamerkan

- Jumat, 23 September 2022 | 18:46 WIB
Sebanyak 18 karya dari 3 motif batik yang mencerminkan kecamatan Pasirjmabu, Ciwidey dan Rancabali (Pacira) dipamerkan. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)
Sebanyak 18 karya dari 3 motif batik yang mencerminkan kecamatan Pasirjmabu, Ciwidey dan Rancabali (Pacira) dipamerkan. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 18 karya dari 3 motif batik yang mencerminkan kecamatan Pasirjmabu, Ciwidey dan Rancabali (Pacira) dipamerkan. Batik tersebut merupakan karya Dosen Isbi yakni Djuniwarti dan Mira Marlianti.

Pameran tersebut dilakukan di Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis, 22 September 2022.

Djuniwarti mengatakan, pembuatan 3 motif batik tersebut merupakan salah satu dari program Pengabdian Masyarakat (PKM) ISBI Bandung bagi dosen prodi tata busana dan rias.

"Tiga motif batik ini terinspirasi dari 3 Kecamatan di Kabupaten Bandung, yakni Pasirjambu, Ciwidey dan Rancabali," ujar Djuniwarti.

Baca Juga: Penjualan Sayuran Langsung dari Petani ke Masyarakat Diuji Coba Pekan Depan

Motif pertama adalah enjing sonten buketan tangkal jambu batu sareng rereng pakakas. Motif ini kata Djuniwarti, melambangkan khas Pasirjambu baik itu pohon jambu maupun pandai besi.

"Pasirjambu ini katanya pada zaman dulu terdapat banyak pohon jambu. Kecamatan ini juga merupakan penghasil perkakas," ujarnya.

Motif kedua diberi nama sidamukti stroberi cai widey. Batik ini memiliki motif utama sekumpulan daun strober, percikan air dan wide atau tirai bambu yang disusun.

Baca Juga: Terkait Pertalite Terasa Lebih Boros, Ini Kata Pertamina

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Dia Model Baju Atasan Wanita yang Wajib Ada

Sabtu, 3 September 2022 | 07:17 WIB
X