Ciri-ciri Asam Lambung yang Perlu Diwaspadai, Bisa Komplikasi Jika Diabaikan!

- Selasa, 20 September 2022 | 16:32 WIB
 Ciri-ciri Asam Lambung.  (Pixabay/Derneuemann)
Ciri-ciri Asam Lambung. (Pixabay/Derneuemann)

 

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Anda pernah merasakan mual disertai kurang nafsu makan? Bisa jadi Anda sedang mengidap asam lambung tanpa anda sadari. Simak penjelasannya secara lengkap mengenai ciri-ciri asam lambung yang perlu anda waspadai sebelum menjadi kronis!

Penyakit asam lambung menjadi penyakit yang banyak dialami oleh berbagai kalangan usia. Bahkan, mahasiswa digadang-gadang sering mengalami penyakit yang mengganggu perut bagian atas ini.

Dikutip dari laman resmi dinkes.kalbarprov.go.id, penyakit asam lambung adalah suatu kondisi ketika terjadinya iritasi atau pengikisan pada dinding lambung.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Pada dasarnya asam lambung terdiri beberapa zat aktif seperti asam klorida, kalium klorida, dan natrium klorida sebagai pemecah protein dan zat pencerna makanan. Namun, sifatnya yang korosif menimbulkan risiko yaitu lapisan pelindung lambung menjadi rusak.

Penyebab Asam Lambung

Acapkali terjadi, asam lambung naik secara tiba-tiba disebabkan oleh jumlah asam lambung yang berlebihan sehingga terjadi aliran balik dari lambung ke kerongkongan.

Selain pengikisan pada dinding lambung, penyakit asam lambung juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang baik, sering mengkonsumsi makanan pedas dan minuman berkafein, tidak mengelola stres dengan baik, ataupun efek samping obat-obatan tertentu.

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X