Bandung Music Awards, Wajah Musik Masyarakat Bandung

- Rabu, 7 September 2022 | 20:36 WIB
Bandung Music Awards, Wajah Musik Masyarakat Bandung
Bandung Music Awards, Wajah Musik Masyarakat Bandung

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Yayasan Bandung Mahakarya Abadi melibatkan radio dan music director radio dalam proses kurasi sekaligus penitalan nominasi Bandung Music Awards yang akan berlangsung di Sabuga, Kota Bandung, Jumat (9/9/2022).

Ketua Yayasan Bandung Mahakarya Abadi, Dudi S5 Nay, menjelaskan bahwa pelibatan tersebut
karena radio dan music director mengetahul musik mana yang betul-betul digemari masyarakat. Mereka juga mengetahui permintaan masyarakat akan musik.

"Radio itu tidak asal memutar lagu. Mereka menyaring lebih dulu. Jadi, kita yakin mereka menjadi pihak yang tepat untuk ikut dalam proses kurasi. Mereka juga bisa mewakili wajah musik masyarakat Bandung ini," ucap Dudi di Kota Bandung, Rabu (7/9/2022).

Dudi juga mengemukakan, Bandung Music Awards 2022 menilai karya musik yang rilis pada 2021. Begitu juga Bandung Music Awards 2023 yang akan menilai karya musik yang rilis 2022. Itu dilakukan agar data yang masuk fair.

"Karya yang rilis pada tahun 2021 itu harus masuk radio. Kenapa? Karena nantinya data ini dikumpulkan oleh radio-radio di Bandung dan disesuaikan dengan chart radio yang ada," ucapnya.

Menurut Dudi, jika seluruh data rilis dan chart radio selama satu tahun terkumpul, pihaknya mencari karya musik yang paling lama berada di chart radio-radio Kota Bandung.

"Dari situ, kita mendapatkan karya yang paling populer selama satu tahun tersebut. Perlu ditekankan, apabila setiap kategori ada yang sama nilainya, maka dilihat lagi dari dari aspek-aspek lainnya seperti produktivitas artis dan lain-lain," tuturnya.

Ada 13 kategori nominasi dalam Bandung Music Awards, mulai dari umum, rock & metal, musisi
sunda, POP, POP sunda, dangdut, sampai life time achievement. Semua karya dalam ke-13 kategori tersebut sudah melalui proses kurasi yang ketat.

Dudi kembali menegaskan, Bandung Music Awards hadir sebagai ruang apresiasi karya-karya musik nasional sekaligus perangsang bagi insan musik untuk terus berkarya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

X