Bahaya Makan Mi Instan bagi Kesehatan, Penyebab Utama Obesitas?

- Selasa, 6 September 2022 | 16:08 WIB
Bahaya makan mi instan bagi kesehatan jadi penyebab utama obesitas? (Pexels/Jan Guyen)
Bahaya makan mi instan bagi kesehatan jadi penyebab utama obesitas? (Pexels/Jan Guyen)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Benarkah salah satu bahaya makan mi instan bagi kesehatan adalah membuat pengonsumsinya obesitas? Yuk simak penjelasannya.

Mi instan merupakan salah satu makanan siap saji yang populer di Indonesia. Masyarakat Indonesia kerap mengonsumsi mi instan pada pagi, siang, maupun malam hari.

Dilansir dari World Instant Noodles Association (WINA), Indonesia berada di peringkat 2 negara dengan tingkat konsumsi mi instan tersebesar pada tahun 2021. Hal ini tercatat dengan jumlah konsumsi sebesar 13,2 miliar bungkus selama tahun tersebut.

Baca Juga: 5 Bakmi Halal ENAK Alternatif Makanan Pedas Mie Gacoan di Bandung, Wajib Dicoba Temani Weekend Anda!

Masyarakat mengonsumsi makanan cepat saji ini dengan cara merebus kemudian mencampurkan mi dengan bumbu atau dibuat olahan beragam, seperti mi tek-tek, martabak mi, nugget mi, bahkan makanan instan ini dapat diolah menjadi donat mi.

Bagi sejumlah orang, mi instan dijadikan lauk untuk menemani nasi. Hal ini dapat memicu bahaya makan mi instan bagi kesehatan.

Satu porsi mi instan mengandung 40,02 gram karbohidrat dan sepiring nasi putih mengandung 44,08 gram karbohidrat.

Apabila kedua hidangan ini dikonsumsi secara bersamaan maka orang tersebut mendapatkan kurang lebih 85 karbohidrat dalam satu kali makan, sedangkan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh adalah 60-130 gram per hari.

Baca Juga: Mie Gacoan Tidak Halal? Ini Dosa Konsumsi Makanan Haram: Double, Bisa Diampuni? Dr Zaidul Akbar Menjawab

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X