Ciri-ciri Cacar Monyet Hampir sama dengan Covid-19? Ini Pencegahan yang Bisa Dilakukan!

- Senin, 5 September 2022 | 18:55 WIB
[Ilustrasi] Ada beberapa ciri-ciri cacar monyet dan langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan. (Pixabay/Alexandra_Koch)
[Ilustrasi] Ada beberapa ciri-ciri cacar monyet dan langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan. (Pixabay/Alexandra_Koch)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Kenali sejak dini ciri-ciri cacar monyet dan pencegahannya agar bisa ditangani dengan segera. Hal ini mengingat mulai bermunculan kasus baru penderita penyakit cacar monyet di sejumlah daerah di Indonesia.

Masyarakat Indonesia baru saja menghela napas usai meredanya kasus pandemi Covid-19 yang banyak menelan korban jiwa selama dua tahun terakhir. Namun, tampaknya warga harus kembali waspada dengan penyakit cacar monyet yang baru-baru ini menggemparkan.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, penyakit cacar monyet kini telah menjangkit wilayah Indonesia. Seorang pria berusia 27 tahun asal Jakarta menjadi orang pertama yang terinfeksi virus cacar monyet. Diduga dia terkena virus ini usai kepulangannya dari luar negeri.

Baca Juga: Kemenkes Siap Datangkan Ribuan Vaksin Cacar Monyet dari Denmark

Cacar Monyet dan Penyebarannya

Cacar monyet adalah penyakit zoonosis langka yang disebabkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. Genus Orthopoxvirus juga termasuk virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi.

Awal kemunculan virus cacar monyet atau monkeypox ini dilaporkan telah merambat di 12 negara non endemis yang berada di 3 regional WHO yakni America, Eropa, dan Western Pasific.

Virus ini bisa menyebar melalui 3 media, antara lain:

Baca Juga: Ciri-ciri HIV pada Wanita di Vagina dan Muka, Segera Periksa!

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X