Ciri-ciri HIV pada Wanita di Vagina dan Muka, Segera Periksa!

- Senin, 5 September 2022 | 18:47 WIB
Ciri-ciri HIV pada wanita perlu diwaspadai karena tidak hanya terjadi di vagina, tapi juga mulut, seperti sariawan. (Freepik)
Ciri-ciri HIV pada wanita perlu diwaspadai karena tidak hanya terjadi di vagina, tapi juga mulut, seperti sariawan. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM— Ciri-ciri HIV pada tahap awal memang memberikan gejala yang berbeda-beda pada setiap orang. Gejala yang ditimbulkan pun terbilang sangat ringan, hal inilah yang membuat banyak orang tidak sadar dirinya sudah terinfeksi HIV.

Human Immunodeficiency Virus (HIV) menyerang sistem kekebalan tubuh pada manusia. Akibatnya daya tahan tubuh melemah sehingga tubuh rentan diserang oleh berbagai penyakit.

Penyakit HIV belum bisa disembuhkan, pengobatan yang sering dilakukan, hanya untuk menekan virus berkembang biak. Infeksi HIV sendiri tidak mengakibatkan penderitanya meninggal. Hanya saja penyakit-penyakit lain yang masuk menyebabkan penderita HIV disebut sebagai Orang Dengan HIV/ AIDS (ODHA) menjadi meninggal.

Baca Juga: Putri Candrawati Tidak Sadar saat 'Dilecehkan'? Mengejutkan, Saksi Buka Suara

Jika gejala HIV tidak cepat diketahui dan ditangani, penyakit tersebut akan berlanjut menjadi Acquired Immue Deficiency Syndrome (AIDS). Kondisi tersebut merupakan infeksi terakhir dari HIV. Ketika seseorang sudah mengidapnya, maka tubuh sudah tidak mampu melawan berbagai penyakit.

Penyakit HIV sendiri telah menyerang manusia dari berbagai usia, tak pandang bulu, mulai dari anak-anak, ibu hamil, pria dan juga wanita.

Tanda-tanda kemunculan HIV tahap awal biasanya 2-6 minggu setelah tubuh terinfeksi. Pada tahap ini kebanyakan wanita belum menyadari terjangkit HIV. Karena gejala awal yang ditimbulkan terbilang ringan, bahkan mudah hilang.

Gejala pada HIV pada wanita akan terasa bila infeksi sudah memasuki tahap lanjut. Virus HIV yang masuk ke dalam tubuh dan mulai menginfeksi bagian-bagian tubuh memakan waktu 10 tahun.

Baca Juga: Prostitusi Bandung: Bisnis Esek-esek Mulai Rp150 Ribuan

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X