Makanan Pantangan Asam Urat hingga Minuman, Hindari Konsumsi Berlebih

- Senin, 1 Agustus 2022 | 17:16 WIB
Makanan pantangan asam urat dari daging, sayuran, buah, hingga minuman yang dapat menjadi penyebab asam urat. Hindari konsumsi berlebih. (Pixabay)
Makanan pantangan asam urat dari daging, sayuran, buah, hingga minuman yang dapat menjadi penyebab asam urat. Hindari konsumsi berlebih. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Terdapat pantangan asam urat berupa makanan, sayuran, buah, hingga minuman yang dapat menjadi penyebab asam urat.

Hal yang menjadi penyebab asam urat adalah kandungan zat purin dan kolesterol yang tertimbun berlebih dalam tubuh akibat dari mengonsumsi makanan pantangan asam urat.

Pemecahan senyawa kimia zat purin akan menghasilkan zat asam urat yang berfungsi baik bagi tubuh, yaitu sebagai antioksidan, neuroprotective, imun terhadap sel tumor, dan sebagainya. Jadi, belum dapat dikatakan sebagai penyebab asam urat.

Baca Juga: Bisa Mengobati Asam Urat, Ini Manfaat Daun Kelor Menurut Penelitian

Namun, jika penghasilan zat asam urat dalam tubuh berlebih akan menjadi penyebab asam urat yang berbahaya bagi tubuh. Sehingga, tubuh perlu dijaga dalam hal membatasi mengonsumsi makanan pantangan asam urat.

Selain dihasilkan oleh tubuh zat purin juga dapat ditemukan dalam makanan pantangan asam urat berupa daging, sayuran, dan buah.

Zat purin seharusnya dapat dikeluarkan dari tubuh melalui urin. Tetapi, pada penderita asam urat kandungan zat purin semakin menumpuk di dalam tubuh. Oleh karenanya, perlu dihindari makanan pantangan asam urat.

Baca Juga: Penyakit Asam Urat: Gejala, Penyebab dan Cara Pengobatan Lengkap!

Selain purin, kolesterol pun menjadi penyebab asam urat. Kolesterol juga dapat ditemukan dalam makanan pantangan asam urat berupa daging.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X