10 Ciri Tubuh Kelebihan Gula dan Bahayanya bagi Anak dan Orang Tua

- Senin, 1 Agustus 2022 | 13:32 WIB
10 Ciri Tubuh Kelebihan Gula dan Bahayanya bagi Anak dan Orang Tua (Pixabay)
10 Ciri Tubuh Kelebihan Gula dan Bahayanya bagi Anak dan Orang Tua (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sedikitnya ada 10 ciri tubuh kelebihan gula dan bahaya yang harus Anda waspadai.

Penyakit kelebihan gula disebut diabetes. Risiko diabetes terjadi pada orang yang mengonsumsi minuman dengan kadar gula berlebih, meliputi es teh manis, minuman berenergi, soda, dan sebagainya.

Ada banyak ciri orang kebanyakan gula, mulai dari mulut terasa kering, cepat merasa lelah, selalu merasa lapar, warna kulit berubah, hingga sering haus dan buang air kecil.

Baca Juga: 5 Pantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes, Penting untuk Jaga Kadar Gula Darah di Tubuh

Adapun orang tua mesti mengetahu akibat kelebihan gula pada anak karena dampaknya sangat membahayakan. Dikutip dari penelitian pakar Harvard Medical Scholl dan American Academy of Pediatrics, kelebihan gula pada anak memicu tekanan darah tinggi, peradangan, penambahan berat badan, kolesterol tinggi, diabetes, dan penyakit hati berlemak.

Adapun Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa batas konsumsi gula per hari hanya 4 sendok makan per hari.

Anjuran tersebut tidak berbeda jauh dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sejak 2015, mereka merekomendasikan batas asupan gula yang berupa free sugar, baik pada anak atau dewasa, maksimal 10 persen dari total energi.

Baca Juga: Tanda Awal Gula Darah Tinggi Bisa Terpantau di Malam Hari, Simak Informasinya

Free sugar adalah gula yang ditambahkan ke dalam produk makanan atau minuman, serta yang secara alami terdapat dalam madu sirup, fruit juice concentrate.

Ini artinya bila orang dewasa sehat di Indonesia membutuhkan 2000 kalori per hari, maka 10 persen dari jumlah ini yakni 200 kalori atau setara 50 gram, menurut perhitungan Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Klinik Indonesia Cabang Banten, dr Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK.

Dikutip dari Republika, namun pada kenyataannya, tak semua orang mematuhi rekomendasi ini, terutama di masa pandemi yang sudah melanda dunia lebih dari setahun terakhir.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Cegah Diabetes, Bisa Bantu Kontrol Gula Darah

Juwalita mengatakan, tren F&B pada tahun 2020-2021 memperlihatkan hampir 7 juta orang Indonesia memesan martabak manis pada tahun 2020.

Selain itu, setiap 10 detik ada 1 teh susu varian hazelnut yang masuk dalam pesanan.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Beli Obat Online Lewat K24Klik

Kamis, 23 Februari 2023 | 18:44 WIB
X